5 Makanan Khas Jepang yang Paling Disukai Orang Asing

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 30 Mar 2021 18:32 WIB
makanan khas jepang yang jadi favorit orang asing Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Makanan khas Jepang banyak digemari dan mendunia. Namun, 5 makanan ini ternyata yang paling menjadi favorit orang asing. Apa saja?

Beragam makanan khas Jepang banyak digemari oleh orang asing karena rasanya enak. Selain itu, makanan khas Jepang juga dikenal umami atau gurih karena menggunakan bahan pelezat seperti miso, dashi, shoyu, dan lainnya.

Makanan khas Jepang yang sangat populer seperti sushi dan ramen sudah tak asing lagi. Bahkan, kedua makanan Jepang tersebut banyak ditemui di beberapa negara.

Dilansir dari Sora News (30/3), ada 5 makanan khas Jepang yang paling jadi favorit orang asing untuk dicicipi. Berikut daftarnya.

1. Sushi

makanan khas jepang yang jadi favorit orang asingmakanan khas jepang yang jadi favorit orang asing Foto: Getty Images/iStockphoto

Sushi menempati urutan pertama sebagai makanan khas Jepang yang paling banyak difavoritkan. Makanan ini terbuat dari nasi dan aneka lauk pendamping. Biasanya diberi topping seafood, telur, dan lainnya.

Sushi juga dibedakan menjadi beberapa jenis. Yang paling populer adalah norimaki dan nigiri, kedua jenis ini juga memiliki perbedaan. Kalau norimaki adalah sushi yang digulung bentuk silinder dan dibungkus nori atau rumput laut kering. Sedangkan nigiri adalah sushi yang berupa sejumput nasi dengan topping seafood mentah.

2. Karaage

makanan khas jepang yang jadi favorit orang asingmakanan khas jepang yang jadi favorit orang asing Foto: Getty Images/iStockphoto

Karaage adalah ayam goreng khas Jepang. Ayam goreng ini dibalut tepung renyah, walaupun begitu tekstur daging ayamnya masih sangat juicy. Dikarenakan biasanya kaarage terbuat dari daging paha ayam.

Karaage menjadi populer di kalangan orang asing karena mudah ditemui di restoran khas Jepang. Di restoran sushi atau ramen biasanya juga tersedia karaage.

Untuk menikmati karaage biasanya diberikan lemon yang diperas dan saus manis gurih khas Jepang. Karaage ini juga cocok dijadikan lauk pendamping nasi putih pulen yang hangat.

Baca Juga: Mirip Seperti Mamalia Langka, Chicken Karaage Ini Dijual Rp 68 Juta

3. Okonomiyaki dan Gyoza

makanan khas jepang yang jadi favorit orang asingmakanan khas jepang yang jadi favorit orang asing Foto: Getty Images/iStockphoto

Makanan khas Jepang yang paling menjadi favorit orang di posisi ketiga adalah okonomiyaki dan gyoza. Kedua makanan khas Jepang ini merupakan camilan street food populer.

Keduanya mudah ditemui di penjual makanan kaki lima. Untuk okonomiyaki biasanya dijual bersamaan dengan takoyaki. Okonomiyaki merupakan pancake dengan cita rasa gurih.

Terbuat daru campuran adonan tepung, telur ayam, irisan kubis (kol), daun bawang, dan potongan gurita. Okonomiyaki biasa disajikan dengan saus khas okononiyaki dan katsuobushi.

Sedangkan gyoza adalah pangsit khas Jepang. Ada yang berisikan sayuran, daging ayam, udang, ataupun daging babi. Gyoza ini biasa diolah dengan cara dikukus, digoreng, dan dipanggang. Untuk menikmatinya biasanya dengan cocolan saus shoyu.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Oishii! Gyoza Ayam dan Ramen Shoyu Pedas"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com