Burger Premium

Burger 'Sultan' Diracik dari Bahan dan Bumbu Paling Baik

Sonia Basoni - detikFood Senin, 29 Mar 2021 18:30 WIB
Burger Premium Foto: Getty Images/iStockphoto
FOKUS BERITA Burger Premium
Jakarta -

Burger kini diracik dari daging sapi dan bahan-bahan pilihan. Dikenal sebagai burger premium dan jadi tren jajanan kekinian yang tengah digemari banyak orang.

Membicarakan tentang burger, makanan gaya Barat yang satu ini sudah dikenal luas di Indonesia. Jenisnya cukup beragam, mulai dari burger klasik, burger dengan variasi bumbu tradisional, burger murah sampai burger premium.

Baca Juga: Sultan! Burger Ini Seluruhnya Dilapisi Emas 24 Karat

Asal usul hidangan yang satu ini sebenarnya belum diketahui pasti. Tapi banyak orang yang percaya, bahwa cikal bakal burger tercipta dari steak Hamburg ala Jerman di abad 17.

Burger PremiumBurger Premium Foto: Getty Images/iStockphoto

Saat itu bentuknya masih menyerupai patty yang terbuat dari daging sapi giling, dipangang kemudian disajikan dengan kentang goreng. Belum menggunakan roti bun atau keju seperti sekarang.

Dikutip dari Eater (29/03), pada abad ke-19 banyak orang Jerman yang membawa patty atau Hamburg steak ini ke Amerika. Agar lebih praktis saat disantap, orang-orang Amerika mulai berkreasi menambahkan roti bun saat memakan patty.

Dari sana lah nama 'burger' mulai dikenal banyak orang di Amerika. Bahkan pada awal abad 20, burger ini menjadi salah satu gambaran budaya kuliner di Amerika yang berubah pesat mengikuti perkembangan ekonomi di sana.

Burger PremiumBurger Premium Foto: Getty Images/iStockphoto

Popularitas burger ini semakin berkembang seiring berjalannya waktu. Termasuk di negara-negara Asia seperti Indonesia. Tak hanya burger klasik dan terjangkau saja, burger premium pun kini tengah naik daun jadi jajanan kekinian.

Berbeda dengan burger biasa. Burger kelas premium punya daging patty yang lebih empuk dan juicy, karena dibuat dari potongan daging sapi pilihan.

Penggunaan roti bun nya juga tidak sembarangan. Kebanyakan gerai burger premium membuat roti bun mereka secara homemade, ada juga yang menggantinya dengan roti bun jenis brioche khas Prancis yang lembut.

Burger PremiumBurger Premium Foto: Getty Images/iStockphoto

Isiannya juga tak hanya sekedar patty premium saja. Tapi juga keju pilihan membuat tampilan burger premium ini semakin menggoda. Tak ketinggalan penggunaan jamur hingga minyak truffle yang ngetren di menu burger premium, menambah cita rasa istimewa dari burger-burger ini.

Di Jakarta dan beberapa kota besar lainnya, burger premium ini bisa ditemukan dengan mudah. Mulai dari burger premium online, yang dibuat menggunakan sistem pre-order.

Kemudian bermunculannya gerai-gerai burger premium dengan gaya kekinian, yang diserbu jadi tempat nongkrong dan makan yang enak. Sampai pilihan menu dan isian beragam dari burger premium yang ditawarkan di setiap gerai.

Di ulasan minggu ini, detikFood akan membahas tentang burger premium yang tengah ngetren jadi jajanan kekinian. Mulai dari tips makan burger premium, cara mengolahnya, sampai rekomendasi tempat makan burger premium yang wajib dicoba.

Baca Juga: 5 Gerai Burger Premium yang Populer di Jakarta



Simak Video "Berliner Imbiss, Burger dan Hotdog Gerobakan Legendaris Sejak 1989"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)
FOKUS BERITA Burger Premium

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com