Ini 7 Langkah Bikin Orak Arik Telur yang Creamy Sempurna

Diah Afrilian - detikFood Senin, 29 Mar 2021 07:00 WIB
Ini 7 Langkah Bikin Orak Arik Telur yang Creamy Sempurna Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Membuat orak-arik telur memang cukup mudah. Tetapi untuk membuat orak-arik telur yang creamy, basah dan enak perlu memperhatikan langkah-langkah ini.

Memasak telur memang terlihat cukup mudah. Tetapi ada olahan telur yang sebenarnya memerlukan trik khusus untuk membuatnya menjadi sempurna. Meskipun bahannya hanya telur, garam dan sedikit merica.

Misalnya seperti mempertahankan kuning telur pada telur ceplok agar tetap bulatsempurna, telur dadar yang tidak kering serta orak-arik telur yang masih lembut dan lumer. Semuanya memiliki trik khusus untuk membuatnya semakin sempurna.

Orak arik telur merupakan hidangan telur yang banyak disukai tetapi perlu trik untuk membuatnya. Tetapi jangan khawatir, kamu bisa mengikuti langkah-langkah ini untuk membuat orak arik telur (scrambled eggs) yang sempurna.

Berikut ini 7 tahapan membuat yang sempurna dilansir melalui Epicurious (23/2) :

1. Pecahkan, bumbui dan kocok dengan baik

Ini 7 Langkah Bikin Orak Arik Telur yang Creamy SempurnaIni 7 Langkah Bikin Orak Arik Telur yang Creamy Sempurna Foto: Getty Images/iStockphoto

Pertama-tama pastikan untuk memecahkan telur dalam wadah khusus untuk mengocok telur sebelum masuk ke wajan. Beri sedikit bumbu seperti garam dan merica.

Aduk ketiga bahan tersebut hingga benar-benar merata dan tidak ada lagi gumpalan merica yang bisa terlihat. Jangan menambahkan susu karena susu hanya akan merusak tekstur telur.

2. Panaskan Mentega

Perlu diperhatikan, untuk memasak orak-arik telur sebaiknya wajan yang digunakan adalah wajan antilengket. Setelah itu, masukkan sekitar 1 sendok makan mentega.

Sebelum mentega meleleh habis dengan sempurna goyangkan wajan agar mentega menyebarkan ke seluruh bagian wajan. Goyangkan terus mentega mengitari seluruh permukaan wajan hingga mentega meleleh sempurna.

Baca juga: 5 Resep Telur Orak-arik dari Chef Selebriti, Mana yang Terenak?

3. Masukkan Telur

Setelah telur dikocok dengan sempurna di dalam mangkuk, langkah selanjutnya adalah menuangkannya ke atas wajan yang sudah diberi mentega. Pastikan menggunakan suhu sedang dan jangan terlalu tinggi.

Ketika permukaan telur mulai terlihat terbentuk, dorong-dorong bagian dasar telur dari belakang ke depan dengan spatula. Terus lakukan hingga telur benar-benar menyatu dan setengah matang.

4. Tetap Gerakan Telur

Ini 7 Langkah Bikin Orak Arik Telur yang Creamy SempurnaIni 7 Langkah Bikin Orak Arik Telur yang Creamy Sempurna Foto: Getty Images/iStockphoto

Untuk mendapatkan telur orak arik yang sempurna tetap aduk telur agar membuat gumpalan yang bagus. Telur yang menggumpal akan membuat tekstur telur orak arik lebih lembut.

Jangan biarkan telur matang sebelum ada gumpalan yang berukuran cukup besar. Secara konsisten dan terus menerus jangan berhenti untuk mengaduk telur.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Nyamm! Nikmatnya Butter Rice Creamy Katsu yang Menggugah Selera"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com