Kisah Naryo 'Pak Pendek' Jual Bakso Gerobakan hingga Buka Cabang

Ajie Prasetya - detikFood Senin, 29 Mar 2021 12:30 WIB
Kisah Naryo ‘Pak Pendek’ Jual Bakso Gerobakan hingga Buka Cabang Foto: detikcom
Jakarta -

Berjualan bakso tak mudah. Karena banyak saingan dan Pak Pendek juga mengalami jatuh bangun membangun usaha mie ayam bakso.

Warung Pak Pendek. Warung bakso dan mie ayam ini terletak di Jl. Wonosari Km 1, Banguntapan atau perempatan Rejowinangun Banguntapan. Cukup dikenal oleh pencinta mie ayam karena mie ayam enak dengan porsi besar.

Soal nama warung Pak Pendek yang dimiliki oleh Pak Naryo ini berasal dari panggilan teman-temannya.

Kisah Naryo 'Pak Pendek' Jual Bakso Gerobakan hingga Buka CabangKisah Naryo 'Pak Pendek' Jual Bakso Gerobakan hingga Buka Cabang Foto: detikcom

''Asal kata Pak Pendek ini hanya panggilan dari teman-teman. Dari situ saya merasa cocok untuk membuka bisnis memakai nama ini," ungkap Pak Naryo pada detikcom (21/3)

Berawal ketika masih berusia 20 tahun, dia bersama istrinya memutuskan berjualan bakso keliling. Dari satu tempat ke tempat lain. Perjalanan ini pun membentuk pribadi Naryo menjadi lebih tangguh.

''Dulu di awal membangun bisnis, saya berjualan bakso secara keliling pake gerobak di Gunungkidul bareng istri, " ujarnya mengenang awal membangun usaha.

Ia mulai berjualan ketika tahun 2009. Setelah bakso, lalu dia menjual mie ayam. Lambat laun, bakso dan mie ayam yang dijajakan oleh pak Pendek disukai banyak pelanggan. Di tahun itu pula dia menutuskan untuk merantau.

Kisah Naryo 'Pak Pendek' Jual Bakso Gerobakan hingga Buka CabangKisah Naryo 'Pak Pendek' Jual Bakso Gerobakan hingga Buka Cabang Foto: detikcom

Dia percaya bahwa dagangannya bisa bersaing sehingga memutuskan membuka sebuah usaha di Jogjakarta.

''Saya menyewa ruko di Jalan Babadan, Jomblangan, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta atau Timur Kebun Binatang Gembira Loka. Di situ lama-lama rame sampai sekarang'', ungkap pria 32 tahun ini.

Berawal dari usahanya terus berkembang. Untuk bersaing dengan banyak penjual bakso yang lain ia melakukan inovasi dan pelayanan terbaik.

''Saat ini kami juga melayani pesanan via daring sehingga pelanggan nggak harus datang ke tempat untuk menikmati makanan kita," tuturnya.

Kisah Naryo 'Pak Pendek' Jual Bakso Gerobakan hingga Buka CabangKisah Naryo 'Pak Pendek' Jual Bakso Gerobakan hingga Buka Cabang Foto: detikcom

Untuk menu favorit di tempat Bakso dan Mie Ayam Pak Pendek sendiri pun sudah banyak dikenal.

''Biasanya sih menu favorit kita Mie Ayam Ekstra Ayam, Bakso Jumbo dan Bakso Telur. Sebenarnya sih semua favorit.''

Faktanya memang pengunjung di warung ini hampir selalu ramai sehingga tidak mengherankan saat ini Pak Pendek memiliki cabang lainnya di Jogjakarta.

Untuk cabang kedua ini sudah berlangsung beberapa tahun sebelum pandemi Covid-19. Cabang pertama dari usaha ini berada di Jl. Wonosari Km 1, Banguntapan, Yogyakarta atau perempatan Rejowinangun Banguntapan.

Hal ini membuktikan bahwa dengan kerja keras dan keuletan membawakan sebuah perubahan. Naryo atau Pak Pendek membuktikannya.



Simak Video "Bakso Kameumeut yang Berlimpah Tetelan Sapi"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com