Gadis Cantik Mantan TKW, Sukses Jualan Nasi Lemak di Kediri

Riska Fitria - detikFood Rabu, 24 Mar 2021 10:30 WIB
Gadis Cantik Mantan TKW, Sukses Jualan Nasi Lemak di Kediri Foto: Instagram @ikaaylesta
Jakarta -

Meninggalkan pekerjaannya sebagai TKW, gadis cantik di Kediri, Jawa Timur ini sukses jualan nasi lemak. Dalam waktu 2 jam, nasi lemak ludes diborong pembeli.

Nasi lemak merupakan kuliner hasil akulturasi antara Melayu dan Sumatera. Nasi lemak diracik dengan daun pandan dan kayu manis. Seporsi nasi lemak biasanya disajikan dengan lauk telur, ikan teri, kacang tanah goreng, timun, sambal dan ayam goreng.

Nasi lemak banyak ditemui di Malaysia dan Singapura. Nah, di Indonesia juga ada warung nasi lemak yang diracik dengan resep khas Malaysia. Warungnya bernama Chili Api yang berlokasi di kecamatan Mojo, Kediri, Jawa Timur.

Baca Juga : Mantap! Mantan TKI Ini Sukses Buka 3 Restoran Korea di Indonesia

Gadis Cantik Mantan TKW, Sukses Jualan Nasi Lemak di KediriGadis Cantik Mantan TKW, Sukses Jualan Nasi Lemak di Kediri Foto: Instagram @ikaaylesta

Warung nasi lemak tersebut menjadi viral karena penjualnya adalah gadis cantik. Dihubungi detikcom (23/03) gadis cantik bernama Ika Ayu Lestari tersebut merupakan mantan TKW di Malaysia.

"Iya aku kerjanya di pabrik yang ada di Malaysia. Aku kerja udah dua tahun," ujar Ika Ayu Lestari.

Ia terpaksa meninggalkan pekerjaannya sebagai TKW di Malaysia karena mengalami lockdown di Indonesia. Pada 2019, Ika pulang ke kampungnya. Kemudian ia berniat untuk kembali ke Malaysia pada Maret 2020.

Gadis Cantik Mantan TKW, Sukses Jualan Nasi Lemak di KediriGadis Cantik Mantan TKW, Sukses Jualan Nasi Lemak di Kediri Foto: Instagram @ikaaylesta

Namun, mewabahnya pandemi COVID-19 membuat Ika Ayu Lestari tak bisa kembali ke Malaysia karena aturan lockdown. Lalu Ika terpikirkan untuk membuka warung nasi Lemak. Warungnya baru beroperasi selama satu minggu.

Ika meracik nasi lemaknya menggunakan resep dari temannya yang ada di Malaysia. Lebih lanjut, Ika Ayu juga menceritakan bagaimana awal mula dirinya bisa terinspirasi membuka warung nasi lemak. Ternyata berawal dari sebuah tantangan dari temannya sendiri.

"Awalnya bikin warung nasi lemak karena dapet tantangan dari temanku Youtuber yang ada di Surabaya. Kebetulan dia juga punya warung nasi lemak di Surabaya. Dia ngasih aku waktu selama 1 bulan buat belajar sekaligus buka warung," tutur Ika.

Awalnya ia ragu-ragu saat membuka warung nasi lemak di desanya. Apalagi ia sempat mengalami penghinaan dengan menyebut kalau membuka warung nasi lemak di Kediri, Jawa Timur tidak akan laku. Namun, Ika berhasil mematahkan hinaan itu.

Dalam waktu kurang dari sebulan, ia dapat dikatakan sukses berjualan nasi lemak. Bahkan dalam waktu dua jam nasi lemak selalu habis diborong pembeli. Warungnya buka mulai dari jam 6 pagi. Banyak masyarakat yang membeli untuk sarapan.

Gadis Cantik Mantan TKW, Sukses Jualan Nasi Lemak di KediriGadis Cantik Mantan TKW, Sukses Jualan Nasi Lemak di Kediri Foto: Instagram @ikaaylesta

"Baru 1 minggu, gak nyangka sih kalau respon masyarakat seantusias ini dengan makanan khas Malaysia ini. Sebab hari pertama jualan itu sempet ada yang hina, kalau nasi lemak gak laku di Indonesia. Tapi ternyata 10 menit setelah orang itu menghina pembeli datang tanpa henti," tuturnya.

Seporsi nasi lemak ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 5.000. Seporsinya dilengkapi dengan telur, teri, kacang, sambal. Namun, tersedia juga lauk tambahan mulai dari ayam goreng, telur goreng dan ayam bumbu Bali.

Untuk promosi, Ika memperkenalkan warung nasi lemaknya melalui media sosial, seperti Instagram, YouTube dan Twitter. Dari itulah banyak netizen yang penasaran dengan warung nasi lemak yang ada di Kediri, Jawa Timur.

Baca Juga : Kerennya Bang Ipul, Mantan Preman yang Kini Sukses Jualan Bakso



Simak Video "Bikin Laper: Lahap Makan Nasi Lemak dengan Aneka Lauk"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com