Mantap! Mantan TKI Ini Sukses Buka 3 Restoran Korea di Indonesia

Devi Setya - detikFood Selasa, 29 Sep 2020 16:00 WIB
Mantan TKI Ini Sukses Buka 3 Restoran Korea Foto: instagram Mashita
Jakarta -

Bagi Mas Be, bekerja di luar negeri sebagai TKI adalah cara untuk meraup ilmu. Setelah pulang dari negeri orang, kini ia malah sukses buka 3 restoran Korea.


Pria yang akrab disapa Mas Be ini sudah 5 tahun menggeluti bisnis kuliner berkonsep Korea. Ya, ia adalah pemilik 3 restoran Korea yang cabangnya berlokasi di Madiun, Ponorogo dan Bojonegoro. Ia juga melabeli usahanya ini sebagai pelopor resto mie Korea pertama di Jawa Timur.

Lewat youtube channel Kang Pardi Prabowo, Mas Be menceritakan awal ia membuka usaha kuliner ini. Tidak semudah membalik telapak tangan, Mas Be harus bekerja keras dan usaha sendiri untuk membangun usahanya. Niatnya memulai usaha adalah sejak kontrak kerjanya di Korea habis.

Mantan TKI Ini Sukses Buka 3 Restoran KoreaMantan TKI Ini Sukses Buka 3 Restoran Korea Foto:instagram Mashita

Mas Be memang pernah menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Korea selama 5 tahun. Pada tahun 2015 kontrak kerjanya habis sehingga memaksanya harus kembali ke Indonesia. Atas kerjanya yang bagus, majikan Mas Be di Korea meminta ia kembali lagi namun Mas Be justru memilih tetap di Indonesia dan memulai bisnis kuliner.

Dalam video berdurasi 10 menit ini Mas Be bercerita saat memulai usaha ia mengeluarkan modal kurang lebih 70 juta untuk membeli alat masak serta menyewa lapak. Belum menghadirkan menu makanan Korea, Mas Be justru saat itu menjual mie ayam gerobakan. Sayangnya, setelah berjalan 6 bulan usaha ini belum menghasilkan keuntungan.

Mulai dari sini ia belajar banyak soal bisnis kuliner lewat buku maupun membaca kisah sukses para pengusaha kuliner. Hingga pada akhirnya Mas Be memutuskan merombak usaha mie ayam menjadi mie Korea yang diberi nama Mashita. Ternyata banyak masyarakat yang antusias sehingga lambat laun Mas Be bisa mengembangkan usahanya.

"Kalau ini makanan Korea tapi rasanya sudah kita sesuaikan dengan selera orang Indonesia. Kalau dibuat asli, ya nggak doyan," beber Mas Be.

Target pelanggan mie Korea di resto Mas Be ini kebanyakan datang dari kalangan anak muda perempuan yang memang kenal dan suka makanan Korea. Kini tiga restorannya sudah berjalan dan menghasilkan keuntungan, salah satu restonya yang ada di mal bahkan tak pernah sepi pengunjung.

Mantan TKI Ini Sukses Buka 3 Restoran KoreaMantan TKI Ini Sukses Buka 3 Restoran Korea Foto: youtube Kang Pardi Prabowo

Sebelum pandemi corona, Mas Be sebenarnya memiliki 5 cabang restoran Korea namun sayangnya karena pembatasan aktivitas sosial, 2 cabang restoran terpaksa harus tutup. Kalau melirik menunya, Mashita ini menghadirkan beragam makanan dengan cita rasa khas Korea.

Menu andalannya antara lain adalah mie goreng Korea, champpong atau mie rebus Korea, tteokbokki, odeng dan masih banyak menu lainnya. Selain terkenal enak, berbagai menu makanan ini juga dibanderol dengan harga murah meriah.



Simak Video "Bikin Laper: Jajal Samgyetang Bareng Dimas Beck"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)