Cuma di Jepang, Bayar Pajak Diberi Hadiah Buah hingga Wagyu Mahal

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 23 Mar 2021 05:00 WIB
Cuma di Jepang, Bayar Pajak Diberi Hadiah Buah hingga Wagyu Mahal Foto: Getty Images/iStockphoto

Membantu Desa untuk Berkembang

Cuma di Jepang, Bayar Pajak Diberi Hadiah Buah hingga Wagyu MahalCuma di Jepang, Bayar Pajak Diberi Hadiah Buah hingga Wagyu Mahal Foto: Getty Images/iStockphoto

Selain mendorong dan membantu produk lokal di setiap daerah. Lewat program Furusato Nozei ini, pemerintah berharap bahwa orang-orang muda yang berkarir di kota bisa membantu kampung halaman mereka.

Salah satunya dengan mendonasikan pajak penduduk mereka. Pajak ini nantinya digunakan untuk membantu pembangunan desa, pengrajin lokal hingga infrastruktur lainnya.

"Banyak orang yang lahir dan besar di desa. Mereka mendapatkan akses kesehatan, pendidikan hingga layanan publik lainnya dari pemerintah setempat. Jika mereka kini tinggal di kota, kita harus memiliki sistem di mana mereka bisa menyumbangkan sedikit penghasilan mereka. Untuk tetap mendukung desa tempat mereka lahir," jelas keterangan dari situs resmi Furusato Nozei.

Sempai Menuai Kritik

Cuma di Jepang, Bayar Pajak Diberi Hadiah Buah hingga Wagyu MahalCuma di Jepang, Bayar Pajak Diberi Hadiah Buah hingga Wagyu Mahal Foto: Getty Images/iStockphoto

Meski program ini disambut baik oleh warga Jepang, tapi tetap saja menuai kritik. Sebelumnya orang-orang yang mendonasikan panjak penduduk mereka, akan mendapatkan kartu hadiah dari Amazon.

Hal ini dikritik banyak orang, karena Amazon sendiri merupakan perusahaan dari Amerika. Akhirnya di tahun 2018, pemerintah mewajibkan bahwa hadiah untuk donasi ini hanya boleh produk pangan lokal, atau benda lokal yang dihasilkan di Jepang.

Sampai sekarang program ini masih berlangsung. Banyak orang yang tetap mendukung program ini.

Baca Juga: Daun Pisang Dibanderol Rp 800 Ribu, Netizen Rebutan Jualan di Jepang

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com