Wow! Anggur Mahal Asal Jepang Ini Dilelang Seharga Rp 178 Juta

Sonia Basoni - detikFood Senin, 20 Jul 2020 18:30 WIB
Anggur Ruby Roman Foto: NextShark
Jakarta -

Jepang punya melon Yubari yang terkenal manis, mahal dan dijual lewat lelang. Demikian juga anggur mahal yang dilelang seharga Rp 178 juta.

Salah satu perusahaan penginapan di Jepang bernama Ryokan Inn Chain Hyakurakuso, baru saja membeli buah anggur dengan sangat mahal. Lewat acara pelelangan yang diselenggarakan di Jepang, perusahaan ini mengeluarkan uang sebanyak 1,3 juta yen (178 juta) untuk satu tangkai anggur Ruby Roman.

Baca Juga: Bisa Beli Apartemen! Ini 5 Harga Buah Termahal di Dunia

Anggur Ruby RomanAnggur Ruby Roman Foto: NextShark

Dilansir dari Next Shark (20/07), anggur Jepang yang dibeli merupakan jenis Ruby Roman yang dikenal dengan kandungan gulanya. Juga mengandung banyak vitamin C, vitamin K, vitamin B6, hingga magnesium. Buah ini pertama kali dijual di pasaran pada tahun 2008.


Berbeda dengan anggur lainnya, Ruby Roman memiliki nilai lebih seperti melon Yubari King. Anggur paling mahal di dunia ini sering dibeli sebagai hadiah untuk acara spesial. Selain buah ini cukup langka, apalagi bentuknya yang cantik bulat sempurna seperti bola ping pong.

"Kami berhasil membuat penawaran paling tinggi untuk membantu mendorong agar lebih menghargai makanan, selama masa pandemi virus Corona ini. Selain itu kami membeli anggur ini sebagai penghargaan kepada makanan," jelas Mitsutaka Sakamoto, selaku kepala koki dari penginapan Hyakurakuso.

Anggur Ruby RomanAnggur Ruby Roman Foto: NextShark

Pihak Hyakurakuso membeli anggur ini lewat salah satu pasar yang ada di Kanazawa. Sementara Ruby Roman sendiri dikembangkan dan ditanam di Prefektur Ishikawa.

"Kami ingin memberikan harapan untuk pertanian serta produsen di seluruh negeri," lanjut Mitsutaka.

Masa panen Ruby Roman berlangsung selama tiga bulan. Dimulai dari bulan Juli dengan 26,000 butir anggur yang siap dijual hingga bulan September mendatang. Kisaran harga anggur ini sekitar 18,500 yen (Rp 2,5 juta) per 700 gram dalam bentuk bingkisan.

Anggur Ruby RomanAnggur Ruby Roman Foto: NextShark

"Orang-orang membeli buah-buahan mahal ini untuk menunjukkan seberapa spesial hadiah pemberian mereka. Seperti untuk acara spesial, sampai orang penting seperti atasan kita," jelas Soyeon Shim, selaku Human Ecology di University of Wisconsin-Madison.

Sebelumnya Ruby Roman, melon Yubari King juga sering dilelang dengan harga tinggi. Selama beberapa tahun terakhir buah melon spesial ini harganya bisa mencapai Rp 237 juta per pasangnya.

Baca Juga: Bikin Kantong Jebol! 5 Melon Yubari King Ini Punya Harga Fantastis



Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)