Cuma di Jepang, Bayar Pajak Diberi Hadiah Buah hingga Wagyu Mahal

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 23 Mar 2021 05:00 WIB
Cuma di Jepang, Bayar Pajak Diberi Hadiah Buah hingga Wagyu Mahal Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Di Jepang bayar pajak jadi salah satu hal yang ditunggu-tunggu setiap warganya. Karena mereka bisa mendapatkan hadiah daging wagyu, kepiting hingga buah secara gratis.

Terkenal dengan berbagai produk makanan mewah yang mendunia. Jepang memanfaatkan makanan-makanan ini untuk menarik warganya agar lebih taat membayar pajak ke negara.

Baca Juga: Wow! Anggur Mahal Asal Jepang Ini Dilelang Seharga Rp 178 Juta

Orang-orang yang rajin membayar pajak mereka, dan mendonasikan sekitar 20% pajak penduduk ke pemerintah lokal. Bisa mendapatkan makanan-makanan mewah sebagai hadiahnya.

Dilansir dari Atlas Obscura (22/03), cara mendapatkan makanan-makanan gratis ini juga mudah. Mirip seperti belanja di toko online.

Program Pajak dari Pemerintah

boneka di desa nagaro jepangboneka di desa nagaro jepang Foto: (AFP/Kazuhiro Nogi)

Pada tahun 2007, Perdana Menteri Jepang, Suga Yoshihide mendirikan program 'Furusato Nozei'. Program ini memudahkan warga Jepang yang membayar pajak, untuk mendonasikan 20% dari pajak penduduk mereka ke pemerintah lokal.

Imbalannya mereka akan mendapatkan berbagai jenis hadiah. Donasi ini mirip seperti toko online. Orang-orang hanya perlu memasukkan sejumlah uang sebagai bentuk donasi.

Kemudian nantinya ada barang-barang seperti makanan yang dikirimkan sebagai hadiah oleh pemerintah. Cara ini dinilai efektif untuk membuat orang lebih rajin membayar pajak.

Makanan Mewah yang Diberikan

Cuma di Jepang, Bayar Pajak Diberi Hadiah Buah hingga Wagyu MahalCuma di Jepang, Bayar Pajak Diberi Hadiah Buah hingga Wagyu Mahal Foto: Getty Images/iStockphoto

Hadiah makanan gratis yang diberikan pemerintah juga tidak sembarangan. Semua makanan enak dengan harga yang mahal jadi hadiah gratis, untuk warga Jepang yang membayar pajak mereka.

Di tahun 2021 ini contohnya. Pemerintah Jepang sudah menyiapkan lidah sapi dari daging wagyu. Kemudian anggur premium dari Shine Muscat, hingga beras berkualitas tinggi secara gratis.

Kalau sedang beruntung, orang-orang bisa memilih wine mahal yang dibuat dari anggur Yamanashi. Kemudian tersedia juga pilihan es krim, yang dibuat langsung dari susu sapi di Hokkaido.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com