Rekomendasi Tempat Makan

5 Tempat Sarapan Gudeg Enak khas Jogja yang Buka Sejak Pagi

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 18 Mar 2021 08:00 WIB
Gudeg Foto: Getty Images/iStockphoto/Lutfi Hanafi
Jakarta -

Di Jakarta, banyak warung gudeg yang buka sejak pagi. Cocok untuk sarapan di pagi hari, bagi penggemar nasi gudeg khas Jogja dengan lauk komplet murah.

Tak kalah enak dari gudeg Jogja yang sudah terkenal di Jakarta. Banyak warung gudeg di Jakarta Selatan hingga Jakarta Timur, yang menyajikan menu nasi gudeg dengan lauk komplet.

Dengan uang di bawah Rp 15.000 saja sudah bisa sarapan nasi gudeg dengan lauk krecek yang lembut gurih. Seperti menu sarapan nasi gudeg dan telur di warung Gudeg Jowo Raos Echo, yang harganya Rp 12 ribu.

Kemudian ada juga menu nasi gudeg dan krecek dengan harga Rp 12 ribu, di warung Ibu Sudji.

Berikut lima warung gudeg khas Jogja untuk sarapan yang buka sejak pagi.


1. Gudeg Jogja Bu Prapto

gudeggudeg Foto: (Kurnia/detikTravel)

Di wilayah Cipayung, Jakarta Timur ada warung gudeg yang terkenal kelezatannya. Namanya Gudeg Jogja Bu Prapto yang sudah buka dari jam 8 pagi.

Bermodalkan etalase kaca sederhana, setiap harinya Bu Prapto menyediakan aneka lauk dan gudeg yang gurih manis. Mulai dari tahu dan telur opor, ayam opor, krecek, sambal ati hingga tempe mendoan untuk gorengannya.

Bu Prapto sendiri sudah berjualan nasi gudeg sejak tahun 80an. Kisaran harganya dari Rp 12.000 sampai Rp 25.000 saja. Biasanya sebelum jam tiga sore gudegnya sudah ludes terjual.

Gudeg Jogja Bu Prapto
Jl. Raya Pd. Gede No.41 B.
Libang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur.
Telp: 0813-6465-5211


2. Gudeg Bu Sudji

gudeg bu sudjigudeg bu sudji Foto: detikFood

Letaknya cukup tersembunyi di wilayah Manggarai, Jakarta Selatan. Ada warung gudeg Bu Sudji yang tak kalah legendaris. Setiap paginya, aneka masakan rumah khas Jogja disajikan hangat.

Warung ini berdiri sejak tahun 1992, dengan menu nasi gudeg autentik yang diletakan di meja sederhana. Pembeli bisa pilih nasi dengan gudeg, krecek, dan opor ayam. Berbeda dari tempat lainnya, kuah opor ayam di sini lebih kental. Kuahnya juga tidak pelit jadi rasa nasi gudeg semakin enak.

Kalau sedang berhemat, bisa juga nih pesan nasi gudeg dengan lauk krecek. Kreceknya punya rasa pedas dengan cabe rawit utuh yang bikin nagih. Kisaran harganya dari Rp 12.000 hingga Rp 38.000. Tersedia juga menu satuan seperti paru dan babat.

Baca Juga: Gudeg Bu Sudji : Menebus Kangen Gudeg Yogya di Pojokan Manggarai

Gudeg Bu Sudji
Jl. Dr Saharjo No. 11D Rt 2/5
Manggarai, Jakarta Selatan
Jam Buka: 08.00 - 20.00

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Gudeg Komplit dan Sop Buntut di Jakarta Barat"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com