Hii.. Plasenta Manusia di China Dijual Seperti Ayam Goreng Krispi

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 16 Mar 2021 12:30 WIB
Hii.. Plasenta Manusia di China Dijual Seperti Ayam Goreng Krispi Foto: Video CN/Getty Images/iStockphoto/
Jakarta -

Masih banyak orang di China yang diam-diam menjual plasenta manusia. Bahkan banyak yang menjual seperti ayam goreng krispi.

Plasenta manusia yang masih segar terus dijual secara diam-diam dalam pasar gelap di China. Padahal perdagangan plasenta manusia ini termasuk yang dilarang atau ilegal di China.

Baca Juga: Plasenta dan Darah Diolah Jadi Makanan Unik, Mau Mencoba?

Dilansir dari Global Times (16/03), beberapa penjual di pasar gelap biasa membeli plasenta manusia yang dibuang. Plasenta sendiri merupakan organ yang menempel pada dinding rahim wanita selama kehamilan, fungsinya untuk memasok darah serta oksigen dari ibu ke janin.

Tak heran aroma dari plasenta ini sangat amis. Tapi para penjual ini tetap membelinya. Tak hanya membeli dari rumah sakit, tapi terkadang mereka juga membeli dari rumah duka, sampai dari klinik bedah seharga 80 yuan (Rp 177.000) per buah.

Hii.. Plasenta Manusia di China Dijual Seperti Ayam Goreng KrispiHii.. Plasenta Manusia di China Dijual Seperti Ayam Goreng Krispi Foto: Video CN/Getty Images/iStockphoto/

Setelah mereka membeli plasenta manusia. Kemudian mereka olah layaknya makanan. Biasanya digoreng hingga krispi, sampai tampilannya menyerupai ayam goreng. Kemudian dijual di dalam pasar gelap itu, sampai di toko online seperti Xianyu.

Bahkan ada penjual yang menawarkan dagangannya di harga 360 yuan (Rp 800.917) per buahnya di Xianyu.

"Saya bisa memberikan diskon jadi 260 yuan (Rp 578.000) jika pembeli membeli lebih dari satu. Kami biasanya membeli plasenta mentah sekitar 2,000 yuan (Rp 4,4 juta) per kilogram," ungkap salah satu penjual plasenta manusia di China.

Biasanya pihak rumah sakit di China memang mengembalikan plasenta ke pasien atau membuangnya, sebagai limbah medis jika sang pasien tidak menginginkannya.

Karena kebanyakan sekarang para pasien mau membawa plasenta mereka untuk dimakan.

Hii.. Plasenta Manusia di China Dijual Seperti Ayam Goreng KrispiHii.. Plasenta Manusia di China Dijual Seperti Ayam Goreng Krispi Foto: Video CN/Getty Images/iStockphoto/

Di China sendiri, terutama di kalangan orang tua. Banyak yang percaya dengan memakan plasenta manusia, mereka bisa lebih sehat karena kandungan nutrisinya yang kaya.

Bahkan seorang ibu dari Provinsi Shaanxi mengatakan bahwa sebelum ia melahirkan. Sang ibu mertua dan ibunya, meminta plasenta miliknya untuk dimakan.

Sementara ibu lainnya dari Shanghai mengatakan bahwa setelah melahirkan. Plasenta miliknya ia bawa ke toko obat lokal, untuk diubah menjadi bubuk dan dimasukan ke dalam kapsul.

"Itu untuk ayah mertua saya yang sakit-sakitan," ungkap wanita yang tidak mau menyebutkan identitasnya ini.

Tak heran plasenta manusia jadi industri yang cukup menjanjikan di China. Padahal pihak Traditional Chinese Medicine (TCM), sudah mengingatkan orang-orang untuk tidak memakan plasenta manusia.

Woman eating Chinese barbeque close upWoman eating Chinese close up Foto: iStock

Karena tidak ada manfaat kesehatan yang berarti, serta beresiko menularkan banyak penyakit.

"Di dalam era pengobatan tradisional Chna dulu, plasenta manusia memang dimakan untuk meningkatkan imunitas. Menyembuhkan asma dan saluran pernapasan. Tapi efeknya tidak sepenuhnya akurat," jelas Yao salah satu ali TCM.

Beberapa plasenta manusia bisa jadi sudah terinfeksi virus seperti HIV, hepatitis B, dan Sphilis.

"Orang-rang berisiko terinfeksi berbagai penyakit setelah menyantap plasenta manusia yang tidak bersih," lanjut Yao.

Di China sendiri menjual plasenta manusia termasuk ke dalam aktivitas ilegal yang dilarang pemerintah. Orang-orang yang tertangkap menjual plasenta manusia akan dikenakan denda, sebesar 50 kali dari keuntungan penjualan plasenta manusia.

Meski begitu sampai sekarang masih banyak plasenta manusia yang dijual secara diam-diam di China.

Baca Juga: 5 Organ Binatang Ini Dianggap Menjijikkan Tapi Dijadikan Santapan Nikmat



Simak Video "Masak Masak: Bikin Sambal Bajak Petai yang Bikin Nagih"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com