Plasenta dan Darah Diolah Jadi Makanan Unik, Mau Mencoba?

- detikFood Kamis, 22 Okt 2015 09:07 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Selain makanan enak berbahan mahal ada juga makanan yang dibuat dari bahan tak lazim. Dari darah hingga plasenta.

Penampilan dari kue dan dessert ini biasa saja tetapi memakai bahan unik. Seperti diberitakan oleh Daily News (20/10), beberapa dessert dan kue lezat ini ternyata terbuat dari beragam bahan dan cara membuat yang tak lazim.

1. Cherpumple



Sesaat sebelum dipotong, cake cantik dengan krim ini terlihat seperti cake biasa. Yang membedakan cherpumple dengan cake lainnya yaitu adanya pie didalam adonan kue.
Pie yang berbentuk seperti piringan dan bertekstur sedikit keras digabungkan dengan adonan sponge cake yang lembut. Sehingga cherpumple akan terlihat seperti cake dengan tumpukan sponge cake biasa jika tidak diiris.

2. Tavuk Gögsü

Tavuk Gögsü merupakan menu makanan klasik berasal dari Turki. Sekilas seperti puding susu biasa yang menggunakan bahan susu, tepung, gula dan krim. Ternyata Tavuk Gögsü dibuat dengan bahan daging dada ayam.

Untuk membuat Tavuk Gögsü dibutuhkan daging dada ayam, susu, krim, garam, tepung beras, bisa ditambahkan kayu manis bubuk dan almond.

3. Golden Opulence Sundae



Dinobatkan sebagai dessert paling mahal, Golden Opulence Sundae dijual dengan harga 1.000 USD (Rp. 13.702.000). Dessert berbahan es krim vanilla dan cokelat ini terlihat mewah dengan adanya taburan emas 24 karat berbentuk serpihan dan lembaran, serta Louis XIII de Rémy Martin cognac.

4. Blood Pudding



Sesuai dengan namanya, puding ini terbuat dari darah. Darah yang digunakan yaitu berasal dari darah babi. selain darah, bahan yang digunakan untuk membuat puding ini antara lain bawang, lemak babi dan oatmeal.

Blood pudding juga sering disebut sebagai black pudding karena memang berwarna cokelat pekat hampir berwarna hitam. Blood pudding banyak ditemukan dalam menu restoran makanan Inggris.

5. Placenta Jelly



Beberapa tahun terakhir media banyak memberitakan khasiat yang dihasilkan dari plasenta bayi yaitu membuat seseorang awet muda. Mempercayai khasiat plasenta bayi tersebut, di Jepang ada menu makanan yang terbuat dari plasenta.
Placenta jelly ini memiliki rasa buah mangga karena memang pembuatannya menggunakan bahan dasar plasenta, buah mangga dan bahan lainnya.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com