Misteri di Balik Sendok Lambang Tengkorak Berusia 361 Tahun

Sonia Basoni - detikFood Senin, 15 Mar 2021 16:30 WIB
Misteri Dibalik Sendok Lambang Tengkorak Berusia 361 Tahun Foto: Atlas Obscura/iStock
Jakarta -

Sudah ada sejak 361 tahun yang lalu sendok dengan lambang tengkorak ini diselimuti oleh misteri. Tentu saja hal ini membuat banyak orang penasaran.

Bukan sekadar sendok makan biasa. Pada tahun 1904 seorang kolektor barang antik bernama J.T. Micklethwaite, membeli satu sendok langka bernama 'death's head'.

Sendok ini tampilannya sebenarnya sama dengan sendok lainnya. Tapi yang membedakannya adalah ukiran kepala tengkorak di ujung sendok yang membuat beberapa orang ngeri.

Di badan sendok terdapat ukiran tulisan 'Die to Live', yang memiliki artian mati untuk hidup. Selama ratusan tahun tak ada yang tahu asal-usul sendok penuh misteri ini.

Bahkan dulu sendok ini dianggap sebagai barang yang tidak berharga. Kini sendok tengkorak itu menjadi salah satu barang antik paling langka di dunia.

Dilansir dari Atlas Obscura (15/03), berikut penelusuran tentang misteri sendok tengkorak yang berusia ratusan tahun lalu.


Baca Juga: Keju dan Permen Kematian Jadi Tradisi Pemakaman Unik di Dunia


Sendok Tengkorak Misterius

Misteri Dibalik Sendok Lambang Tengkorak Berusia 361 TahunMisteri Dibalik Sendok Lambang Tengkorak Berusia 361 Tahun Foto: Atlas Obscura/iStock

Ketika J.T. Micklethwaite membawa sendok tengkorak ini di tahun 1904. Ia menyebutkan bahwa sendok ini terlalu seram untuk dipakai makan. Saat itu ia memamerkan sendok tengkorak ini di Society of Antiquaries of London, Inggris.

Selain bagian atasnya yang diukir kepala tengkorak. Di bagian sendoknya masing-masing terdapat tulisan yang saling melengkapi.

'Live to Die' dan 'Die to Live'. Dari sana banyak orang yang setuju bahwa sendok ini bisa jadi bingkisan dari upacara pemakaman di abad 17 di Inggris. Tapi ternyata dugaan ini salah besar.


Hadiah Untuk Bayi yang Baru Lahir

Mother gently placing her sleeping newborn baby in the bassinet wrapped tightly in a forest green swaddle.Mother gently placing her sleeping newborn baby in the bassinet wrapped tightly in a forest green swaddle. Foto: Getty Images/FatCamera

Pada abad 17 di Inggris, bingkisan saat upacara pemakaman belum umum. Waktu itu tren biskuit pemakanan hingga permen belum umum dibagikan usai pemakaman.

Ternyata setelah dipelajari lebih lanjut, Micklethwaite menemukan bahwa sendok tengkorak ini kemungkinan besar hadiah untuk bayi yang baru lahir.

Sendok langka ini diperkirakan dibuat pada tahun 1660 atau di akhir 1670. Awalnya sendok tengkorak ini dibeli oleh bangsawan hingga aristokrat.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Avolato, Paduan Alpukat dan Gelato yang Lezat Menyehatkan"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com