Di Swedia Ada Permen Khusus untuk Acara Pemakaman

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 25 Nov 2020 13:30 WIB
Di Swedia Ada Permen Khusus untuk Acara Pemakaman Foto: Atlas Obscura/Karolina Kristensson
Jakarta -

Jika biasanya acara pemakaman identik dengan karangan bunga sebagai bentuk duka cita. Di Swedia, justru ada permen khusus untuk acara pemakaman.

Meski sudah ditinggalkan, tapi tradisi membagikan permen saat acara pemakaman tetap dikenang di Swedia. Bahkan beberapa bungkus permen pemakaman dari masa lampau, kini dipajang di Stockholm Nordiska Museum.

Pada abad 19 lalu, permen sudah menjadi tradisi yang tidak bisa dipisahkan di Swedia. Permen ini jadi simbol di berbagai acara penting seperti pernikahan, acara baptis, ulang tahun pernikahan dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, permen-permen ini juga digunakan sebagai bentuk duka cita ketika ada yang meninggal dunia.

Dilansir dari Atlas Obscura (24/11), berikut kisah menarik dibalik permen pemakaman ini.

Baca Juga: Ini Makanan Tradisi Dalam Acara Pemakaman di 6 Negara


1. Permen Pemakaman yang Ikonik

Di Swedia Ada Permen Khusus untuk Acara PemakamanDi Swedia Ada Permen Khusus untuk Acara Pemakaman Foto: Atlas Obscura/Karolina Kristensson

Sejak abad 19 lalu, warga Swedia selalu menyajikan permen atau manisan di setiap acara penting. Bahkan sudah menjadi menu wajib saat itu.

Untuk acara kebahagiaan seperti pernikahan atau ulang tahun, biasanya permen yang disajikan dibungkus dengan kertas cerah.

Sementara untuk acara pemakaman, tampilan permen ini jauh lebih gelap. Orang-orang akan membungkus permen untuk acara pemakaman dengan warna putih, hitam atau cokelat.


2. Tampilan yang Menyeramkan

Di Swedia Ada Permen Khusus untuk Acara PemakamanDi Swedia Ada Permen Khusus untuk Acara Pemakaman Foto: Atlas Obscura/Karolina Kristensson

Meski permen selalu dikaitkan dengan kebahagiaan, tapi berbeda dengan permen pemakaman di Swedia. Meski masih dibuat dengan campuran gula, tapi penampilan permen ini sangat gelap.

Setelah dibungkus dengan kertas berwarna hitam atau putih. Permen-permen ini kemudian akan ditempelkan gambar-gambar yang berkaitan dengan kematian.

Seperti gambar tengkorak, gambar peti mati, sampai lukisan kecil berisi orang-orang yang tengah mendoakan orang sekarat. Permen pemakaman ini jauh dari tampilan permen pada umumnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Camilan Manis, Yuk Nostalgia Permen Jadul dari Buah!"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com