Mirip Muntahan, Mie Muntah Ini Jadi Makanan Favorit di Hong Kong

Sonia Basoni - detikFood Senin, 15 Mar 2021 12:01 WIB
Mirip Muntahan, Mie Muntah Ini Jadi Makanan Favorit di Hong Kong Foto: SCMP
Jakarta -

Tampilannya mirip seperti muntahan orang. Mie muntah yang satu ini jadi makanan favorit warga Hong Kong sejak 55 tahun yang lalu.

Tak hanya terkenal dengan dim sum dan berbagai makanan enak lainnya. Hong Kong punya banyak kuliner tersembunyi yang puluhan tahun digemari orang.

Baca Juga: Ini Kafe Ganja Pertama di Hong Kong yang Baru Dibuka

Salah satunya 'vomit noodle'. Mie yang disebut mirip seperti muntahan manusia ini jadi pilihan warga Hong Kong, jika sedang ingin makan mie sehat yang enak. Mie ini jadi menu andalan di Star Cafe yang ada di Champagne Court.

Karena letaknya yang berada di lantai basement pusat perbelanjaan. Orang-orang harus jeli mencari letak kafe tua yang legendaris ini.

Mirip Muntahan, Mie Muntah Ini Jadi Makanan Favorit di Hong KongMirip Muntahan, Mie Muntah Ini Jadi Makanan Favorit di Hong Kong Foto: HongKong Tourism

"Banyak pelanggan kami yang awalnya kesulitan menemukan lokasi restoran ini," jelas Lam, manajer Star Cafe dilansir dari dari SCMP (15/03).

"Banyak restoran dan orang di sekitar sini yang mengejek mie ini. Mereka bilang tampilannya mirip seperti muntahan ketika mereka tengah mabuk, tapi saya bilang coba saja rasanya enak," lanjut Lam yang sudah bekerja di sana selama 20 tahun.

Mie muntah ini cukup unik. Karena saus mie yang kental dan mirip seperti bubur, dibuat dari tomat, telur dan kaldu yang dihaluskan menjadi satu.

Mirip Muntahan, Mie Muntah Ini Jadi Makanan Favorit di Hong KongMirip Muntahan, Mie Muntah Ini Jadi Makanan Favorit di Hong Kong Foto: SCMP

Setelah matang, saus tomat ini disiram di atas mie rebus atau macaroni yang membuat rasanya enak. Bisa ditambah topping lainnya seperti daging sapi. Rasanya juga enak karena pakai campuran kaldu dan bumbu-bumbu spesial.

"Di tahun 1980-an, banyak orang di Hong Kong yag lebih suka makanan berlemak. Seperti gorengan hingga makanan cepat saji. Tapi di tahun 2000-an, banyak orang yang lebih perduli dengan kesehatan Makanya mie muntah ini jadi tren dan populer," jelas Lam.

Setiap harinya Star Cafe bisa menghabiskan 40-50 kg tomat. Tapi karena pandemi kini mereka hanya menghabiskan 8-10 kg tomat saja.

Mirip Muntahan, Mie Muntah Ini Jadi Makanan Favorit di Hong KongMirip Muntahan, Mie Muntah Ini Jadi Makanan Favorit di Hong Kong Foto: SCMP

Pembeli mie muntah ini menurun drastis sejak pandemi satu tahun yang lalu. Tapi Lam masih semangat untuk menyajikan mie muntah itu sampai kapan pun.

"Kami mencoba bertahan di tengah pandemi. Tapi sayangnya kami sulit mendapatkan pemasukan. Untuk sekarang kami masih bisa bertahan, apalagi ada rencana bahwa gedung ini akan diruntuhkan. Tapi kami akan mencoba untuk mempertahankan Star Cafe semampunya," pungkas Lam.

Baca Juga: Keren! 5 Nama Makanan Hong Kong Ini Masuk ke Kamus Oxford



Simak Video "Masak Masak: Bikin Sup Buah Hong Kong Check!"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com