Inovatif! Jepang Hadirkan Cangkir yang Bisa Dimakan untuk Kurangi Sampah Plastik

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 15 Mar 2021 11:00 WIB
Inovasi baru di Jepang yang menghadirkan cangkir bisa dimakan untuk mengurangi jumlah plastik sampah. Foto: soranews
Jakarta -

Untuk menekan jumlah sampah plastik, sebuah produsen alat makan di Jepang menghadirkan cangkir yang aman dan bisa dimakan. Seperti apa tampilan cangkir itu?

Cangkir yang banyak tersebar di pasaran umumnya terbuat dari keramik atau plastik. Namun, cangkir dari bahan plastik sering digunakan karena murah dan praktis.

Cangkir plastik ini banyak ditemui di tempat makan yang menyediakan minuman gratis. Walaupun lebih praktis, namun tidak baik untuk lingkungan karena masalah penumpukan sampah plastik.

Inovasi baru di Jepang yang menghadirkan cangkir bisa dimakan untuk mengurangi jumlah plastik sampah.Inovasi baru di Jepang yang menghadirkan cangkir bisa dimakan untuk mengurangi jumlah plastik sampah. Foto: istock

Dilansir dari Sora News (13/3), ada produsen cangkir yang tampaknya memerhatikan masalah dari sampah plastik. Produsen ini membuat cangkir dari bahan yang ramah lingkungan, bahkan bisa dimakan.

Baca Juga: Kertas dan Spidol Ini Bisa Dimakan, Netizen: Cocok Buat Contekan

Adalah Asahi Breweries dan Marshige Confectionery yang membuat cangkir bisa dimakan itu. Produk ini diberikan nama Mogu Cup dan telah dijual secara online pada 10 Maret 2021 lalu.

Cangkir ini bisa dimakan karena terbuat dari tepung kentang yang prosesnya harus dipanggang dengan api besar di bawah tekanan tinggi. Cangkir ini terdiri dari beberapa ukuran dan rasa yang berbeda.

Rasa yang terdapat pada cangkir itu dibagi menjadi 2, yaitu asin dan manis. Untuk penggemar rasa asin, Asahi menawarkan cangkir rasa original dan kerupuk udang.

Inovasi baru di Jepang yang menghadirkan cangkir bisa dimakan untuk mengurangi jumlah plastik sampah.Inovasi baru di Jepang yang menghadirkan cangkir bisa dimakan untuk mengurangi jumlah plastik sampah. Foto: soranews

Sedangkan untuk yang menyukai manis, Asahi menyediakan cangkir dengan rasa cokelat dan kacang. Menurut ulasan dari pelanggan yang telah membeli cangkir ini, rasa kacang yang lebih pas ketika dipadukan minuman.

Satu paketnya berisikan 10 cangkir. Harganya dibanderol mulai dari 1150 Yen (Rp 151 ribu) untuk ukuran kecil, 1200 Yen (Rp 158 ribu) untuk ukuran sedang, dan 1400 Yen (Rp 184 ribu).

Harganya memang bisa dikatakan jauh lebih mahal dari cangkir plastik biasa. Namun, harganya sepadan dengan kualitas yang ramah lingkungan serta bisa dimakan.

Sebelumnya, pada tahun lalu Asahi telah berhasil membuat piring dan alat makan lainnya yang juga bisa dimakan. Berniat mencobanya foodies?

Baca Juga: Solusi Sampah Plastik, Kantong Plastik Ini Bisa Dimasak dan Dimakan!



Simak Video "Cangkir Cantik Dari Batok Kelapa, Sumedang "
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com