Cuma di Jerman! Sosis Bisa 'Tangkap' Buronan Perampok

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 14 Mar 2021 14:00 WIB
Cuma di Jerman! Sosis Bisa Tangkap Buronan Perampok Foto: iStock
Jakarta -

Selain jadi makanan yang digemari di Jerman, sosis ternyata bisa 'menangkap' buronan perampok dari beberapa tahun yang lalu.

Hampir setiap kota di Jerman punya jenis sosis masing-masing. Rupanya fungsi sosis ini tak hanya sebagai makanan saja, tapi bisa juga sebagai alat untuk mengungkap kejahatan kriminal.

Baca Juga: Pemanfaatan Teknologi DNA Membuat Beras Lebih Cepat Panen

Dilansir dari Ladbible (14/03), seorang buronan yang pernah merampok rumah pada tahun 2012 lalu akhirnya tertangkap. Buronan ini diketahui membobol sebuah rumah di kota Gevelsberg.

Selama sembilan tahun lebih, pihak polisi tidak berhasil mengungkap siapa pelaku dari pencurian ini. Tapi untungnya mereka menemukan satu sosis dengan bekas gigitan di rumah itu.

Cuma di Jerman! Sosis Bisa 'Tangkap' Buronan PerampokCuma di Jerman! Sosis Bisa 'Tangkap' Buronan Perampok Foto: iStock

Polisi langsung menduga bahwa sosis itu sempat dimakan oleh buronan. Mereka akhirnya mengamankan sosis itu untuk dilacak DNA yang terdapat di sana.

Lewat lapisan sosis tersebut mereka tidak menemukan data yang cocok. Sampai di tahun 2021, akhirnya mereka menemukan bahwa buronan itu ternyata seorang pria berusia 30 tahun dari Albania.

Pria ini terbukti menggigit sosis di rumah yang dibobolnya. Penemuan ini tidak disengaja. Karena pria ini melakukan aksi kriminal lainnya, yang membuat dia ditahan polisi dan diambil sampel DNA nya.

Hasilnya DNA milik pria ini cocok dengan DNA di sosis tersebut. Kasus pencurian ini akhirnya dibuka kembali, agar buronan ini bisa diekstradisi dari Prancis ke Jerman untuk penyelidikan lebih lanjut.

Cuma di Jerman! Sosis Bisa 'Tangkap' Buronan PerampokCuma di Jerman! Sosis Bisa 'Tangkap' Buronan Perampok Foto: iStock

DNA memang jadi bukti kuat untuk mengidentifikasi pelaku kejahatan. Tak hanya sosis saja yang bisa 'menangkap' buronan.

Kisah serupa juga pernah terjadi di Amerika dimana kasus pembunuhan yang tidak terungkap selama 28 tahun, akhirnya berhasil menemukan tersangka pembunuhan tersebut.

Semua ini terungkap karena kaleng minuman bersoda yang tersangka buang di dalam tempat sampah. Meski awalnya tidak masuk akal, tapi kaleng minuman bersoda ini yang justru menjadi kunci terbongkarnya kasus pembunuhan ini.

Baca Juga: Lewat Kaleng Soda di Tempat Sampah, Misteri Pembunuhan 28 Tahun Terungkap



Simak Video "Bikin Laper: Hunting Street Food di Pasar Lama Tangerang"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com