Lewat Kaleng Soda di Tempat Sampah, Misteri Pembunuhan 28 Tahun Terungkap

Sonia Basoni - detikFood Senin, 24 Des 2018 15:45 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Kasus pembunuhan di tahun 1989 terungkap, setelah kaleng soda di tempat sampah ditemukan dan diperiksa di dalam lab.

Di akhir tahun 1989, wanita bernama Amanda Stavik ditemukan tewas di danau Nooksack, yang berada di wilayah Whatcom County, Washington, Amerika. Selama 28 tahun, pihak kepolisian di Whatcom County terus melakukan penyelidikan untuk menemukan pembunuh dari wanita yang akrab disapa Mandy tersebut. Tapi selama berpuluh-puluh tahun mereka tidak berhasil menemukan sang pembunuh.

Lewat Kaleng Soda di Tempat Sampah, Misteri Pembunuhan 28 Tahun TerungkapFoto: Istimewa

Baca Juga: Makanan Terakhir Korban Pembunuhan Bisa Jadi Alat Identifikasi Pembunuhnya

Dilansir Munchies (22/12), pihak kepolisian berhasil menangkap tersangka pembunuhan Mandy. Semua ini terungkap karena kaleng minuman bersoda, yang tersangka buang di dalam tempat sampah. Meski awalnya tidak masuk akal, tapi kaleng minuman bersoda ini lah yang menjadi kunci terbongkarnya kasus pembunuhan ini.

Sang tersangka yang bernama Timothy Forrest Bass, merupakan pria yang sejak dulu dicurigai memiliki hubungan yang erat dengan kasus pembunuhan ini. Namun, pihak kepolisian tidak memiliki bukti yang kuat untuk menangkapnya. Sebelum pembunuhan terjadi, Mandy diketahui tengah lari pagi di sekitar danau yang melewati depan rumah rumah Timothy. Tapi Timothy menolak untuk tes DNA selama 28 tahun.

Lewat Kaleng Soda di Tempat Sampah, Misteri Pembunuhan 28 Tahun TerungkapFoto: Istimewa

Menariknya kasus ini membuat banyak orang penasaran, sehingga salah satu rekan kerja Timothy, membantu penyelidikan. Salah satunya dengan mengambil bekas makanan, hingga kaleng minuman yang Timothy buang di tempat sampah. Salah satunya , yang memiliki sampel DNA kaleng minuman bersoda di dalamnya.

"Banyak orang dari seluruh dunia yang mencoba untuk memecahkan kasus pembunuhan ini. Banyak orang hingga detektif yang datang untuk menginvestigasi kasus ini. Kami bangga bahwa banyak orang yang ikut membantu mengungkap kasus ini, dan kami berharap Mandy dan keluarganya akan mendapatkan keadilan,' tutur Bill Elfo dari pihak kepolisian.

Lewat Kaleng Soda di Tempat Sampah, Misteri Pembunuhan 28 Tahun TerungkapFoto: Istimewa

Setelah diuji di dalam lab, hasil DNA milik Timothy ternyata cocok dengan DNA yang ditemukan di dalam tubuh Mandy. Timothy akhirnya langsung ditahan dengan tuduhan pembunuhan sekaligus pemerkosaan. Setidaknya ia akan menghadapi hukuman 20 tahun di penjara, dan semuanya karena kaleng soda yang diminumnya.

Baca Juga: Hii..! Para Pembunuh Ini Sajikan Daging Korbannya ke Orang Sebagai Makanan

(adr/odi)