Jadi Single Parent, Para Wanita Ini Berjuang Jualan Nasi Goreng hingga Laksa

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 13 Mar 2021 16:00 WIB
Jadi Single Parent, Para Wanita Ini Berjuang Jualan Nasi Goreng hingga Laksa Foto: Facebook Ron Leong
Jakarta -

Pandemi Covid-19 membuat banyak orang harus berjuang mencari uang. Para wanita yang juga single parent ini memilih berjualan ragam makanan rumahan.

Meski sudah sekitar satu tahun pandemi Covid-19 melanda dunia, efek buruknya masih saja terasa. Banyak orang kehilangan pekerjaan hingga sulit memenuhi kebutuhan hidup.

Menyadari hal ini, seorang netizen Malaysia di Facebook tergerak membantu usaha kuliner single parent. Namanya Ron Leong yang mempromosikan usaha milik Liza, seorang single parent dengan tiga anak.

Terlihat Liza menulis pesan di atas paket makanan yang ia buat. Ia memperkenalkan diri sebagai 'single mom'. "Terima kasih sudah memberikan saya kesempatan untuk menyiapkan makanan ini untuk Anda. Semoga Anda menyukainya," kata Liza.

Jadi Single Parent, Para Wanita Ini Berjuang Jualan Nasi Goreng hingga LaksaJadi Single Parent, Para Wanita Ini Berjuang Jualan Nasi Goreng hingga Laksa Foto: Facebook Ron Leong

Ron lantas memperkenalkan gerakan Project First Shot di Facebook yang dikelola Liza. Awalnya Ron mengaku menerima kontak Liza dari saudara perempuannya dan memberi tahu banyak temannya.

Ternyata setelah mereka mencoba makanan buatan Liza, mereka menyukainya. Mereka bilang rasanya enak.

Baca Juga: Kisah Ayah Tunggal Berjuang Jual Cakwe Demi Dua Anaknya

Ron juga memberi tahu kalau Liza menyediakan layanan pengiriman makanan gratis untuk pengiriman ke dari dan ke daerah tertentu. Kagum dengan hal ini, Ron sempat ingin memberi uang tunai lebih.

Jadi Single Parent, Para Wanita Ini Berjuang Jualan Nasi Goreng hingga LaksaJadi Single Parent, Para Wanita Ini Berjuang Jualan Nasi Goreng hingga Laksa Foto: Facebook Ron Leong

"Saya diberi tahu bahwa jika Anda membayar mereka dengan uang tunai, mereka akan memberi kembaliannya. Mereka menolak untuk menerima tambahan," kata Ron.

Saking enaknya rasa makanan Liza, Ron berani menjaminnya saat mempromosikan. Ia bahkan mempersilakan orang-orang untuk mengomelinya jika ternyata makanan Liza tidak enak.

Dikutip dari World of Buzz (12/3), Project First Shot rupanya dijalankan dua wanita single parent. Salah seorang pengelolanya yang lain, J, mengaku kaget dan sangat menghargai usaha Ron untuk mempromosikan bisnis mereka di media sosial.

"Dengan hati tulus saya menghargainya. Kami tidak pernah berpikir pelanggan kami akan mempromosikan kami sedemikian rupa sehingga kami akan mendapatkan lebih banyak pelanggan dan perhatian media," ucapnya.

Jadi Single Parent, Para Wanita Ini Berjuang Jualan Nasi Goreng hingga LaksaJadi Single Parent, Para Wanita Ini Berjuang Jualan Nasi Goreng hingga Laksa Foto: Facebook Ron Leong/Project First Shop

J menjelaskan bahwa Project First Shot bertujuan untuk memberdayakan komunitas orang-orang kurang mampu. Caranya dengan mengajari mereka keterampilan kuliner serta mempekerjakan mereka.

Tak hanya diajarkan memasak, orang-orang di dalam komunitas tersebut juga akan dibantu dalam hal menjual makanannya. Uang hasil penjualan nantinya akan digunakan untuk membayar gaji, biaya dapur pusat, dan lainnya.

Baca Juga: Kejam! Orang Tua Paksa Anaknya Makan Banyak Demi Konten Video Online

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com