Hiii! Dokter Ini Sebut Kopi Bubuk Mungkin Mengandung Kecoak

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 11 Mar 2021 06:00 WIB
lebih baik biji kopi atau kopi bubuk Foto: iStock
Jakarta -

Saat membeli kopi bubuk, kita akan menerima kopi dalam bentuk sudah dihaluskan. Seorang dokter asal Inggris mengungkapakan melalui video Tik Toknya bahwa kopi bubuk mungkin mengandung sekian persen kecoak di dalamnya.

Saat kamu membeli makanan dalam keadaan sudah dihaluskan, sulit untuk mengetahui kandungannya secara utuh. Misalnya mengenai bahan campuran apa saja yang dimasukkan ke dalamnya.

Karena hal ini, beberapa orang lebih memilih membeli sesuatu dalam bentuk utuh, seperti kopi misalnya. Membeli kopi yang masih dalam bentuk biji lebih disarankan daripada membeli kopi dalam bentuk bubuk.

lebih baik biji kopi atau kopi bubukHiii! Dokter Ini Sebut Kopi Bubuk Mungkin Mengandung Kecoak Foto: iStock

Seperti yang dijelaskan oleh seorang dokter asal Inggris melalui TikTok-nya. Ia mengatakan ada kemungkinan kontaminasi yang cukup mengerikan pada kopi bubuk. Tidak semua, tetapi beberapa merek terkontaminasi dengan bahan ini.

Baca Juga: Awas! 5 Serangga Ini Paling Sering Hinggap Pada Makanan

Dilansir melalui Fox News (9/3), Dr. Karan Raj menjelaskan bahwa di dalam kopi bubuk terdapat sekian persen kandungan kecoak yang ikut dihaluskan di dalamnya. Hal ini dijelaskan melalui akun Tik Tok pribadinya.

"Untuk diketahui, jika kamu mengonsumsi kopi, kamu mungkin saja juga mengkonsumsi kecoak. Kopi bubuk mengandung kecoak yang dihaluskan," kata Dr. Raj.

Ia mengatakan bahwa sekian persen campuran dari kopi bubuk adalah kecoak dan beberapa serangga lainnya. Hal ini disebabkan oleh kesulitan produsen dalam memastikan semua serangga keluar dari tumpukan biji kopi.

Akhirnya, serang-serangga tersebut ikut terpanggang hingga kering dan ikut masuk ke dalam proses penggilingan. Food and Drug Administration mengatakan bahwa persentase kontaminasi serangga yang sangat kecil masih tidak akan menyebabkan masalah kesehatan.

Hiii! Dokter Ini Sebut Kopi Bubuk Mungkin Mengandung KecoakHiii! Dokter Ini Sebut Kopi Bubuk Mungkin Mengandung Kecoak Foto: TikTok@dr.karanr

Fakta mencengangkannya adalah serangga-serangga ini mengandung protein yang sangat tinggi. Kandungan protein tersebut yang kemudian menjadi kabar baik bahwa secara tidak langsung, serangga tersebut menambahkan kandungan dan manfaat protein yang bisa didapatkan meskipun dalam jumlah yang kecil.

"Jika kamu alergi terhadap serangga, sebaiknya hindari konsumsi kopi bubuk," kata Dr. Raj.

Karena campuran yang tidak bisa diketahui dengan jelas, maka akan sulit untuk melihat apakah kopi bubuk tersebut bersih dari kontaminasi serangga atau tidak. Tidak semua kopi bubuk terkontaminasi dengan serangga, tetapi sebagian memiliki kandungan protein yang berasal dari serangga.

Untuk yang memiliki alergi terhadap serangga, Dr. Raj menyarankan untuk menghindari konsumsi kopi bubuk. Membeli kopi yang masih dalam bentuk utuh akan lebih baik karena kamu bisa mengetahui secara utuh dan bisa melihat dengan kasat mata apa saja yang ada pada campuran kopimu.

Baca Juga: Viral Kecoa di J.Co, Makanan Dihinggapi Kecoa Apa Masih Aman Dimakan?

(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com