Makanan Kaki Lima Jepang & Korea

5 Street Food Jepang yang Tak Kalah Populer dari Takoyaki dan Okonomiyaki

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 10 Mar 2021 14:00 WIB
5 Street Food Jepang yang Tak Kalah Populer dari Takoyaki dan Okonomiyaki Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Street food Jepang yang paling populer adalah takoyaki dan okonomiyaki. Tapi, ada lima street food lain yang tak kalah populer, seperti yakitori hingga dango.

Street food Jepang juga disukai banyak orang Indonesia. Seperti takoyaki dan okonomiyaki yang sangat populer. Selain kedua jajanan itu, sebenarnya Jepang memiliki beragam street food lain.

Area street food di Jepang banyak tersebar. Paling populer ada di kawasan Jalan Ginza Tsukiji, Asakusa Market, Nishiki Market, dan lainnya.

Banyak juga street food yang ditawarkan di area tempat wisata. Pilihan makanannya juga beragam. Seperti yakitori, dango, taiyaki, hingga gyoza.

Berikut 5 street food Jepang yang tak kalah populer dari takoyaki dan okonomiyaki:

1. Yakitori

5 Street Food Jepang yang Tak Kalah Populer dari Takoyaki dan Okonomiyaki5 Street Food Jepang yang Tak Kalah Populer dari Takoyaki dan Okonomiyaki Foto: Getty Images/iStockphoto

Yakitori adalah sate khas Jepang yang juga biasa ditawarkan sebagai street food atau jajanan kaki lima. Sate khas Jepang ini umumnya menggunakan daging ayam yang dipotong kecil, lalu ditusuk dengan tusukan bambu.

Yakitori ini biasa dibakar di atas arang ataupun panggangan gas. Selain daging ayam, ada juga yang terbuat dari kulit ayam atau yakitori kawa. Bagian ayam lainnya yang biasa dibuat menjadi yakitori adalah hati ayam, usus, hingga pantat ayam.

Tak hanya dari ayam saja, yakitori juga ada yang menggunakan daging sapi seperti gyutan. Ada pula yakitori berbahan vegan seperti jamur shitake, biji pohon ginkgo biloba (ginnan).

Baca Juga: Bisa Jajan Yakitori dengan Rasa Autentik Jepang di 5 Tempat Ini

2. Dango

5 Street Food Jepang yang Tak Kalah Populer dari Takoyaki dan Okonomiyaki5 Street Food Jepang yang Tak Kalah Populer dari Takoyaki dan Okonomiyaki Foto: Getty Images/iStockphoto

Ada street food Jepang yang rupanya mirip seperti cilok, namanya adalah dango. Perbedaannya terdapat pada cita rasanya. Kalau cilok dari Indoensia cenderung gurih, sedangkan dango rasanya agak manis.

Dango merupakan kudapan berbentuk bulat yang terbuat dari bahan mochi kemudian ditusuk berisi 3-5 butir. Lalu dikukus atau direbus. Ada juga yang setelah matang dipanggang hingga agak smokey.

Dango umumnya berwarna putih, ada juga yang mewarnainya hijau atau merah muda. Penyajiannya bisa dengan anko, matcha, atau saus manis gurih.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Menikmati Kuliner Rumahan Masyarakat Jepang, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com