Makanan Kaki Lima Jepang & Korea

5 Jajanan Manis dari Korea, Ada Hotteok hingga Dalgona

Riska Fitria - detikFood Selasa, 09 Mar 2021 17:30 WIB
5 Jajanan Manis dari Korea, Ada Hotteok hingga Dalgona Foto: iStock
Jakarta -

Korea dikenal dengan jajanan kaki lima yang unik beraneka ragam. Dengan cita rasa manis ada hotteok hingga kkultarae yang mirip arumanis Indonesia.

Makanan manis paling cocok untuk camilan. Di Korea ada banyak pilihan jajanan manis yang banyak ditemui di gerai-gerai kaki lima. Jajanan tersebut memiliki karakteristik yang unik.

Mulai dari bentuknya, proses pembuatannya hingga penampilannya. Bahkan ada jajanan Korea yang tampilannya mirip seperti jajanan di Indonesia. Meski begitu, masing-masing memiliki keunikan tersendiri.

Berikut 5 jajanan manis Korea yang banyak dijajakan di gerai pinggir jalan:

1. Kkultarae

5 Jajanan Manis dari Korea, Ada Hotteok hingga Dalgona5 Jajanan Manis dari Korea, Ada Hotteok hingga Dalgona Foto: iStock

Kalau di Indonesia ada ada jajanan arumanis atau disebut juga rambut nenek, maka di Korea ada jajanan kkultarae. Kkultarae dari Korea tersebut memiliki penampilan yang sama dengan arumani dari Indonesia.

Kkultarae terbuat dari madu yang sudah dipanaskan selama 3 hari hingga teksturnya mengental. Proses pembuatannya juga mirip dengan arumanis, yakni ditarik-tarik hingga menjadi lembaran benang-benang tipis.

Jajanan ini dibuat langsung di depan pembeli. Inilah yang menjadi daya tarik pembeli. Selain itu, untuk menarik minat pembeli, penjual kkultarae meyakinkan bahwa Kkultarae yang dibuat berjumlah 16.000 helai.

Baca Juga : Manis Lembut 1600 Helai Kkultarae dari Insadong

2. Bbopki

5 Jajanan Manis dari Korea, Ada Hotteok hingga Dalgona5 Jajanan Manis dari Korea, Ada Hotteok hingga Dalgona Foto: iStock

Ingat dengan racikan dalgona coffee yang populer di TikTok? Racikan kopi itu terinspirasi dari jajanan Korea yang disebut bbopki. Bbopki merupakan jajanan tradisional berupa gula-gula.

Jajanan manis ini banyak juga banyak dijajakan di gerai-gerai pinggir jalan. Bbopki ini terbuat dari gula yang dipanaskan hingga menjadi karamel. Adonannya juga dicampur dengan sedikit soda kue.

Bbopki berbentuk bulat dengan warna coklat muda. Kemudian di bagian tengahnya dibentuk ukiran, seperti bentuk hati atau bentuk bintang.

Ada dua jenisbbopki yang dijual di gerai-gerai, ada yang disajikan dengan stick seperti permen lolipop dan ada juga yang tanpa stick.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Menikmati Legitnya Durian Mentega dari Lereng Semeru"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com