Makanan Kaki Lima Jepang & Korea

Mirip Warkop! Di Korea Ada Warung Mie Instan Kaki Lima

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 09 Mar 2021 16:30 WIB
Mirip Warkop! Di Korea Ada Warung Mie Instan Kaki Lima Foto: YouTube Delight
Jakarta -

Di Korea Selatan ada warung ramyeon alias mie instan kaki lima yang selalu bikin ngiler. Mie instan akan diracik segera dan disajikan hangat-hangat. Slurpp!

Banyak jajanan khas Korea Selatan yang mendunia, salah satunya ramyeon. Seperti halnya mie instan di Indonesia dan ramen di Jepang, ramyeon punya banyak penggemar.

Ramyeon tersedia dalam banyak pilihan rasa dan merek. Orang Korea biasanya makan ramyeon di rumah, namun kalau mereka sedang ingin jajan ramyeon, ada warung kaki lima yang menjajakannya.

Konsepnya mirip warkop alias warung kopi di Indonesia yang banyak menawarkan mie instan. Pembeli akan disuguhi semangkuk ramyeon hangat-hangat yang menggugah selera.

Warung ramyeon sederhana, tapi bersih dan rapi

Mirip Warkop! Di Korea Ada Warung Mie Instan Kaki LimaMirip Warkop! Di Korea Ada Warung Mie Instan Kaki Lima Foto: YouTube Delight

Hal ini terlihat dari unggahan YouTube Delight (22/2/20) yang sudah ditonton lebih dari 5,5 juta kali saat berita ini dibuat. Mereka memperlihatkan bagaimana suasana di sebuah warung mie instan kaki lima di Seoul.

Terlihat warungnya bersih dan tertata rapi, Di bagian depannya ada banyak pilihan ramyeon instan untuk dicoba.

Saat ada yang beli, penjual akan langsung meracik ramyeon. Langkah pertama ialah mendidihkan air di panci emas khas Korea yang bernama yangeun naembi.

Saat air mendidih, penjual lantas memasukkan bumbu dan sayuran kering. Mereka juga akan menambahkan jamur dan sayuran lain, baru terakhir mie dimasukkan. Kemudian panci ditutup rapat.

Ketika mie sudah 3/4 matang, penjual memasukkan irisan cabai untuk mereka yang suka pedas. Ditambah irisan daun bawang dan telur yang sudah dikocok.

Mirip Warkop! Di Korea Ada Warung Mie Instan Kaki LimaMirip Warkop! Di Korea Ada Warung Mie Instan Kaki Lima Foto: YouTube Delight

Tak butuh waktu lama, ramyeon disajikan langsung di panci emas untuk pengunjung. Pendampingnya berupa acar lobak kuning khas Korea.

Terlihat tingkat kematangan mie instan ini tidak begitu matang. Teksturnya masih kenyal dan di atasnya terdapat 'selimut' telur.

Pengunjung juga bisa menikmati ramyeon instan dengan tambahan keju, tteok (rice cake), hingga mandu (dumpling). Dijamin lebih enak dan kenyang.

Baca Juga: 5 Merek Ramyeon Enak Buat Teman Nonton Drama Korea

Baca artikel di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com