Sejarah Nasi Hainan, Aslinya Punya Singapura atau Malaysia?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Minggu, 07 Mar 2021 16:00 WIB
Sejarah Nasi Hainan, Aslinya Punya Singapura atau Malaysia? Foto: Getty Images/iStockphoto/fishwork
Jakarta -

Nasi hainan mudah ditemui di Singapura dan Malaysia, tapi dari mana sebenarnya nasi Hainan berasal? Berikut sejarahnya yang menarik disimak.

Nasi hainan merupakan hidangan nasi gurih yang jamak ditemui di Singapura dan Malaysia. Nasi hainan disajikan bersama irisan ayam panggang atau ayam rebus.

Mengenai sejarahnya, nasi hainan konon diciptakan oleh imigran China yang pindah ke Asia Tenggara. Kemudian dalam perkembangannya nasi hainan banyak dibuat orang Singapura dan Malaysia.

Dikutip dari South China Morning Post (27/2/21), dua negara ini lantas sama-sama merasa 'memiliki' nasi hainan. Namun menurut banyak buku sejarah, tak ada satupun informasi yang mengklaim terang-terangan soal apakah nasi hainan berasal dari Singapura atau Malaysia.

Perdebatan kepemilikan nasi hainan ini konon dimulai tahun 1965 ketika dua negara ini berpisah. Kemudian makin memanas pada tahun 2009.

Saat itu Menteri Pariwisata Malaysia Ng Yen Yen mengatakan nasi hainan adalah hidangan unik khas Malaysia yang telah 'dibajak' Singapura. Di sisi lain, Singapura memiliki banyak penjual nasi hainan berkualitas yang bahkan sampai mendapat bintang Michelin.

Diadaptasi dari nasi ayam Wenchang

Sejarah Nasi Hainan, Aslinya Punya Singapura atau Malaysia?Sejarah Nasi Hainan, Aslinya Punya Singapura atau Malaysia? Foto: Getty Images/iStockphoto/fishwork

Pencinta sejarah budaya Singapura, Brian Wong menjelaskan kalau nasi hainan diadaptasi dari hidangan bernama "wenchang chicken rice" atau "nasi ayam wenchang" yang berasal dari kota Wenchang di pulau Hainan, China.

"Ayam wenchang di Hainan mengacu pada jenis ayam atau cara pemeliharaannya. Dibuat menggunakan ayam minim lemak yang dipelihara secara bebas di alam (free-range)," ujar Wong.

Saat mengunjungi Hainan tahun 2019, Wong menemukan perbedaan antara nasi hainan Singapura/Malaysia dengan nasi ayam wenchang. Pertama, condiment-nya bukan cabai melainkan paprika kuning kecil.

Kedua, saus celupan untuk ayam wenchang sangat sederhana. Berupa minyak dengan perasan jeruk kalamansi, bawang putih, dan jahe, "Fokusnya kepada rasa daging ayam," kata Wong.

Ketiga, nasinya cenderung seperti nasi putih biasa, tidak seperti nasi hainan di Singapura/Malaysia yang sangat gurih dan warnanya kekuningan. Kalaupun ditambah kaldu, hasilnya tidak sekuning nasi hainan.

Baca Juga: Selain Nasi Lemak, 3 Racikan Nasi dari Singapura Ini Tak Kalah Enak

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com