Pakai Buah Anggur Sebagai Topping Pizza, Jamie Oliver Dikecam Keras

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 05 Mar 2021 16:00 WIB
Pakai Buah Anggur Sebagai Topping Pizza, Jamie Oliver Dikecam Keras Foto: Instagram @jamieoliver
Jakarta -

Setelah nanas, kontroversi mengenai topping pizza kembali muncul. Kali ini giliran chef selebriti Jamie Oliver, yang pakai anggur sebagai topping pizza.

Ibarat pelukis dengan kanvasnya, chef memiliki makanan sebagai wadah kreasi seninya. Eksperimen-eksperimen yang mungkin kurang masuk akal tak jarang dilakukan oleh chef pada hidangan yang disajikan.

Salah satunya kreasi topping pizza yang beberapa kali menuai beragam kontroversi. Pizza dengan topping buah, seperti nanas, telah berkali-kali menuai kontroversi dan perdebatan dari banyak penggemar pizza.

Hal ini berkaitan dengan rasa buah yang terlalu tajam dan dapat menghilangkan rasa dari bahan topping lainnya. Bahkan, ide nanas sebagai topping pada pizza ditolak mentah-mentah oleh Gordon Ramsay.

Pakai Buah Anggur Sebagai Topping Pizza, Jamie Oliver Dikecam KerasPakai Buah Anggur Sebagai Topping Pizza, Jamie Oliver Dikecam Keras Foto: Instagram @jamieoliver

Dilansir Fox News (5/3), baru-baru ini Jamie Oliver justru melakukan kreasi yang berbeda hingga menuai kecaman dari para penggemar pizza. Pada acaranya yang berjudul 'Keep Cooking Family Favourites', Oliver menambahkan buah anggur sebagai topping pizzanya.

Baca Juga: Bukan Sosis, Pizza Ini Pakai Topping Buah Kiwi

Pada resep yang ditampilkan dalam acara tersebut, Oliver menyarankan untuk memasak sebentar anggur selama 1 menit hingga lunak dan agak hancur. Setelahnya, anggur dan jus yang ada dalam wajan dituangkan dan dioleskan ke seluruh permukaan pizza.

Resep Jamie Oliver yang satu ini menuai banyak penolakan dari para penggemarnya. Bahkan ketika dilihat melalui polling, 65% orang menolak resep pizza tersebut dengan memilih opsi "bukan untuk saya."

Pakai Buah Anggur Sebagai Topping Pizza, Jamie Oliver Dikecam KerasPakai Buah Anggur Sebagai Topping Pizza, Jamie Oliver Dikecam Keras Foto: Instagram @jamieoliver

Menu pizza yang bernama Speedy Sausage Pizza itu awalnya mendapat respon yang baik ketika Oliver menambahkan bahan-bahan seperti sosis, bawang merah dan kacang pinus. Kemudian, para penonton dan penggemarnya mulai mengernyitkan dahi ketika ia memasukkan buah anggur merah.

"Speedy Sausage Pizza akan mengubah sensasi pizza untuk Anda," kata Oliver.

Sementara ia mendapatkan banyak penolakan dari penggemarnya. Sebanyak 17% penggemar masih memilih ingin mencobanya dan seorang komentator mengatakan bersedia untuk mencoba.

"Terlihat lezat. Pasti akan mencobanya!" tulis salah satu pengikut Oliver.

"Satu-satunya anggur yang bisa dikombinasikan dengan pizza adalah anggur dalam minuman anggur merah," tulis komentator lainnya.

Pakai Buah Anggur Sebagai Topping Pizza, Jamie Oliver Dikecam KerasPakai Buah Anggur Sebagai Topping Pizza, Jamie Oliver Dikecam Keras Foto: Instagram @jamieoliver

Ternyata, Oliver bukan satu-satunya chef yang menggunakan buah anggur merah di atas sajiannya. Sebuah restoran di kota Whitehaven di pantai barat Inggris bahkan telah membagikan foto pizza dengan topping anggur pada akhir bulan lalu sebelum episode penuh kontra milik Oliver ini ditayangkan.

Resep milik Oliver lainnya juga dalam perdebatan sengit oleh para pengikutnya. Oliver diketahui menambahkan sereal dengan cita rasa buah , Fruit Loops, ke atas pizzanya.

Mengesampingkan kontroversial yang ada, jika kamu tertarik untuk mencobanya, Speedy Sausage Pizza dengan buah anggur merah di atasnya disajikan di toko pizza di Iowa. Atau kamu juga bisa mengikuti resepnya melalui situs web Jamie Oliver.

Baca Juga: Para Chef Angkat Bicara Soal Kontroversi Nanas sebagai Topping Pizza

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com