French Press: Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dan Cara Menggunakannya

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 04 Mar 2021 13:00 WIB
French Press: Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dan Cara Menggunakannya Foto: iStock
Jakarta -

Menyeduh kopi manual bisa dengan berbagai metode, salah satunya french press. Sebelum menggunakannya, ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan seperti berikut.

Kopi buatan kafe selalu terlihat lebih enak, tetapi sebenarnya kamu bisa menyeduh kopi sendiri di rumah secara manual (manual brew). Beberapa metode yang populer adalah V60, Flat drip, vietnam drip, turkish, french press, chemex dan banyak lainnya.

Namun salah satu yang paling mudah digunakan adalah french press. Dilansir dari Today (23/2), French press menjadi alat penyeduh kopi yang paling direkomendasikan tahun 2021. Penggunaan french press terbilang praktis, bahkan bisa digunakan oleh pemula sekali pun.

"Hal terpenting yang harus diperhatikan ketika membeli french press adalah segel plunger terhadap kaca di sekitarnya. Pastikan penekan bergerak dengan lancar untuk naik dan turun serta tidak ada kebocoran di sekeliling plunger," kata Giorgio Milos, master barista dari merek kopi Illy.

Baca Juga: 5 Langkah Seduh Kopi Enak dengan French Press

French Press: Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dan Cara MenggunakannyaFrench Press: Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dan Cara Menggunakannya Foto: iStock

Meskip bentuknya relatif sama, beberapa french press terbuat dari bahan yang berbeda. Ada yang menggunakan logam, kain penyaring, hingga cincin plastik untuk memastikan tidak ada ampas kopi yang akan tercampur.

French press dijual dengan harga yang beragam sesuai jenis filtrasi dan ukurannya. Di Indonesia harganya mulai dari Rp 50 ribuan hingga jutaan rupiah. Variasi ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan penyeduhan.

Cara Menyeduh Kopi dengan French Press

French Press: Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dan Cara MenggunakannyaFrench Press: Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dan Cara Menggunakannya Foto: iStock

Setelah memiliki french press, kamu bisa mengikuti langkah berikut untuk menyeduh kopi dengan french press:

Tuang sekitar 150 ml air panas ke dalam teko. Panaskan hingga mendidih, tunggu 30-45 detik, kemudian tuang air ke french press. Setelah itu bilas dan buang airnya.

Setelah french press hangat, masukkan bubuk kopi sekitar 15 gram (atau setara 3 sendok makan penuh). Tambahkan 60 ml - 150 ml air panas ke dalamnya. Aduk rata.

Setelah itu, tunggu sekitar 20 detik hingga aroma dan rasa kopi keluar. Tambahkan sisa air panas dan aduk.

Kemudian tekan plunger perlahan. Pastikan semua ampas sudah turun dan kopi sudah bersih.

Biarkan terendam selama 2 sampai 4 menit. Milos merekomendasikan bubuk kopi yang digiling halus-sedang butuh waktu 2-3 menit, sementara gilingan sedang-kasar, butuh waktu 3-4 menit.

Jika kopi sudah terlihat bersih tanpa ampas, kopi bisa langsung dituang. Rasanya akan mendekati seperti kopi yang dinikmati di kafe.

Cara Membersihkan French Press

French Press: Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dan Cara MenggunakannyaFrench Press: Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dan Cara Menggunakannya Foto: iStock

Setelah menggunakan french press, langkah selanjutnya adalah membersihkan filter. Berikut cara yang bisa dilakukan:

Setelah kopi selesai dituang, angkat plunger. Keluarkan plunger untuk membuang ampas kopi.

Bilas ampas kopi dengan air. Pastikan sudah tidak ada ampas kopi yang menempel di dalam french press.

Bilas french press dengan sabun untuk menghilangkan noda dari kopi. Pastikan filter pada plunger juga sudah bersih.

Keringkan french press dan alat ini siap untuk digunakan kembali nantinya.

Baca Juga: Berisiko Terkena Luka Robek, Ratusan Ribu French Press Starbucks Ditarik



Simak Video "Bikin Laper: Lembutnya Kebab Sapi Jumbo 1 Meter"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com