10 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Bikin Scrambled Egg

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 04 Mar 2021 07:00 WIB
10 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Bikin Scrambled Egg Foto: Getty Images/iStockphoto/mtreasure
Jakarta -

Scrambled egg atau telur orak-arik banyak disukai untuk menu sarapan. Namun dalam membuatnya, masih banyak orang melakukan 10 kesalahan ini. Simak yuk!

Telur merupakan bahan makanan bernutrisi tinggi. Telur mudah diolah dan dikreasikan karena cara memasaknya yang mudah dan cepat.

Biasanya telur jadi menu andalan saat sarapan. Mulai dari telur dadar sebagai pelengkap nasi goreng, telur rebus, hingga scrambled egg sebagai pelengkap roti tawar.

Scrambled egg bahkan menjadi menu yang banyak digemari, tidak hanya saat sarapan tetapi juga dalam berbagai waktu makan. Ternyata di balik kemudahan membuat scrambled egg, ada kesalahan yang sering dilakukan.

Berikut ini 10 kesalahan membuat scrambled egg sering dilakukan menurut Eat This, Not that! (26/2):

1. Menyimpan Telur

10 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Bikin Scrambled Egg10 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Bikin Scrambled Egg Foto: Getty Images/iStockphoto/mtreasure

"Telur sebenarnya dapat menyerap bau melalui cangkangnya dari makanan lain. Jadi, jika tidak disimpan pada kartonnya, jauhkan telur dari makanan yang berbau kuat seperti makanan laut," kata Brent Hudson, seorang chef di New York City.

FDA juga tidak menyarankan menyimpan telur pada rak telur di bagian pintu kulkas. Hal ini disebabkan suhu pintu kulkas yang sangat fluktuatif dan terlalu hangat sehingga riskan untuk menyimpan telur.

2. Suhu yang Terlalu Panas

Memanaskan wajan hingga suhunya terlalu tinggi menjadi kesalahan yang sering dilakukan saat memasak scrambled egg. Suhu yang terlalu tinggi akan lebih cepat membakar telur sehingga menghasilkan telur orak arik yang gosong.

Pastikan gunakan suhu rendah hingga sedang. Scrambled egg seharusnya masih memiliki tekstur yang lembut di bagian dalam sehingga suhu tinggi harus dihindari karena membuat telur akan terlalu matang nantinya.

3. Dibumbui Sebelum Dimasak

10 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Bikin Scrambled Egg10 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Saat Bikin Scrambled Egg Foto: Getty Images/iStockphoto/mtreasure

Sebagian besar orang akan membumbui telur saat masih di mangkuk sebelum dikocok. Ternyata ini kesalahan yang harus dihindari.

Garam yang ditambahkan sebelum telur dimasak hanya akan merusak konsistensi telur dan membuatnya menjadi lebih berair. Ubah kebiasaan tersebut dengan membumbui telur menggunakan garam dan merica setelah api dimatikan.

Baca Juga: Cukup 5 Menit Bikin Creamy Scrambled Eggs Buat Sahur

Simak juga 'Masak Masak: Tips Bikin Egg Mayo Sendiri yang Enak':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com