Wah! China Impor Durian Thailand hingga Rp 32 Miliar pada Tahun 2020

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 01 Mar 2021 19:30 WIB
china impor durian dari thailand Foto: iStock
Jakarta -

Sepanjang tahun 2020 lalu, China melakukan impor durian Thailand sebanyak 575 ribu ton. Nilainya mencapai 14,7 miliar Yuan (sekitar Rp 32 miliar).

Walaupun durian adalah buah yang memiliki aroma menyengat, namun kelezatannya membuat banyak orang jatuh hati. Durian bukan buah asing di Indonesia, jelas saja karena jenis unggulan berasal dari Indonesia.

Tak heran kalau banyak orang Indonesia yang menyukainya. Olahan durian juga banyak terdapat di Indonesia.

Ternyata kelezatan durian juga membuat banyak orang China jatuh hati. Dilansir dari Global Times (28/2), China mendapatkan durian dari Thailand.

china impor durian dari thailandchina impor durian dari thailand Foto: iStock

Baca Juga: Durian Gundul hingga Durian Pelangi, 5 Durian Unik dari Indonesia!

Sepanjang tahun 2020 lalu, China mengimpor durian Thailand sebanyak 575 ribu ton. Jika dihitung, nilai ekonominya mencapai 14,7 Yuan atau senilai dengan Rp 32 miliar.

Walaupun adanya pandemi COVID-19, tak membuat orang China berhenti mengimpor durian dari Thailand. Menurut data dari Kementerian Pertanian dan Koperasi Thailand, pada tahun 2020 presentasenya naik sebanyak 78 persen dari tahun ke tahun. Hal ini menjadikan China adalah pasar ekspor durian terbesar dari Thailand.

Pada tahun 2019, Thailand mengekspor durian senilai 1,46 miliar USD (Rp 20 triliun) ke luar negeri, presentasenya naik 54,6 persen dari tahun sebelumnya. China dan negara ASEAN lain menyumbang 98 persen dari ekspor.

Sejak 2019 lalu, kenaikan impor durian di China melampaui buah ceri yang juga disukai orang China. Ada 9 buah teratas yang menempati urutan teratas impor pada tahun 2020 di Thailand.

china impor durian dari thailandchina impor durian dari thailand Foto: iStock

Adalah durian, ceri, pisang, manggis, anggur, buah naga, kelengkeng, kiwi, dan jeruk. Durian menempati posisi teratas dengan total nilai impor naik 78 persen.

Seorang pedagang buah impor bernama Dong di Shanghai, China ini menuturkan kalau harga durian Thailand melonjak hingga 40 persen di tahun 2020. Hal ini diakibatkan minimnya pasokan durian saat pandemi COVID-19. Walaupun harganya mahal, tapi durian tetap diburu oleh orang China.

"Orang China suka durian dan mereka bisa membeli makanan impor yang mahal," tutur Dong.

Harga durian Thailand yang dijual di China dibanderol 50 Yuan (Rp 110 ribu) per kilogram. Setiap harinya Dong bisa menjual lusinan durian yang ia impor dari Thailand.

Baca Juga: Waduh! Ketagihan Durian, Gajah Ini Terobos Toko Sampai Dua Kali



Simak Video "Mengambil Durian untuk Dimasak, Madiun"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com