Jangan Terkecoh! Sushi-Sushi Cantik Ini Terbuat dari Batu

Diah Afrilian - detikFood Senin, 01 Mar 2021 19:00 WIB
Jangan Terkecoh! Sushi-Sushi Cantik Ini Terbuat dari Batu Foto: Twitter @ha_ma_73
Jakarta -

Sushi selalu sukses bikin ngiler, tetapi saat melihat deretan sushi ini jangan langsung dimakan ya. Sebab sushi buatan mahasiswa Jepang ini terbuat dari batu!

Jepang terkenal dengan kekayaan budayanya, termasuk untuk urusan kuliner. Salah satu hidangan Jepang yang mendunia adalah sushi.

Hidangan yang terbuat dari nasi dan ikan ini begitu populer, bahkan di seluruh dunia. Sushi terdiri dari beragam jenis yang bisa dipilih sesuai selera.

Di balik tampilannya yang menarik selera, ternyata ada sushi yang justru tidak bisa dimakan. 'Sushi' ini hadir dalam pameran "Joint Graduation Exhibition of 5 Art Universities in Tokyo" di National Art Center.

Jangan Terkecoh! Sushi-Sushi Cantik Ini Terbuat dari BatuJangan Terkecoh! Sushi-Sushi Cantik Ini Terbuat dari Batu Foto: Twitter @ha_ma_73

Baca Juga: Lucunya, Replika Makanan Enak di Jepang Bisa Dibeli Lewat Vending Machine

Dilansir melalui Grapee (24/2), seorang mahasiswa membagikan karya "sushi batu" tersebut. Adalah Hama, mahasiswa yang membuat sushi itu dengan sangat detail menggunakan bongkahan batu.

Menurut Hama, tema proyek yang ia angkat terinspirasi dari limbah makanan. Ia juga mengambil inspirasi dari para pekerja paruh waktu di restoran sushi yang menyajikan ikan segar dimana mereka juga melihat bagaimana proses limbah makanan dihasilkan.

Hama kemudian membagikan proses yang ia lalui untuk menghasilkan karya sushi batu tersebut. Ia menggunakan batu berwarna alami dan membentuk batu-batu tersebut untuk mereplikasi bahan-bahan sushi seperti yang sesungguhnya.

Jangan Terkecoh! Sushi-Sushi Cantik Ini Terbuat dari BatuJangan Terkecoh! Sushi-Sushi Cantik Ini Terbuat dari Batu Foto: Twitter @ha_ma_73

Sebelumnya ia bahkan membuat sushi dan membeli sashimi sebagai model ilustrasinya. "Banyak orang yang telah melihatnya dan aku sangat senang membuatnya," tulis Hama pada akun Twitter pribadi miliknya.

Seni yang dipamerkan Hama bukan seni yang dikerjakan dengan sembarangan. Hama benar-benar mengeluarkan semua kehebatan dan keahliannya untuk menciptakan batu yang sangat mirip dengan sushi.

Jangan Terkecoh! Sushi-Sushi Cantik Ini Terbuat dari BatuJangan Terkecoh! Sushi-Sushi Cantik Ini Terbuat dari Batu Foto: Twitter @ha_ma_73

Replika sushi yang dikerjakan ini bahkan terlihat sama dengan sushi aslinya ketika dilihat secara detail. Mulai dari nasi, nori, ikan-ikan pelengkap seperti tuna, udang, negitoro, bahkan potongan belut.

"Soy sauce dan sumpitnya juga terbuat dari batu," tulis Hama.

Hama benar-benar berhasil menyajikan sushi dengan media batu. Karya ini diapresiasi oleh banyak orang yang datang ke pameran tersebut saat melihat langsung sushi batu buatannya.

Baca Juga: Replika Makanan dari Osaka Sudah Dikenal Sejak 80 Tahun Silam

(adr/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com