Nasi Uduk Betawi

5 Rekomendasi Nasi Uduk Enak dari Abdel Achrian

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 27 Feb 2021 12:00 WIB
5 Rekomendasi Nasi Uduk Enak dari Abdel Achrian Foto: YouTube Abdel Achrian
FOKUS BERITA Nasi Uduk Betawi
Jakarta -

Komika Abdel Achrian adalah pencinta nasi uduk. Lewat YouTube, ia sering membagikan rekomendasi nasi uduk enak di Jakarta dan sekitarnya. Intip yuk daftarnya!

Aktif mengunggah konten di YouTube, Abdel Achrian terkenal dengan konten kulinernya. Ia suka beberapa jenis makanan tradisional seperti bubur ayam dan soto Padang.

Selain itu, Abdel juga paling doyan nasi uduk Betawi. Sudah banyak warung nasi uduk yang ia sambangi untuk dibuktikan kelezatannya.

Salah satu yang jadi favorit adalah nasi uduk Betawi di Rawamangun. Di sini Abdel menyukai sambal kacang dan lauk ayam gorengnya yang nikmat.

Lalu Abdel juga pernah mencicipi nasi uduk murah seharga Rp 3 ribuan di Cawang hingga nasi uduk di Depok yang lauknya hanya satu yaitu tempe goreng.

Kalau kamu pencinta nasi uduk, rekomendasi nasi uduk dari Abdel ini bisa kamu coba:

1. Nasi Uduk Bang Salim

5 Rekomendasi Nasi Uduk Enak dari Abdel Achrian5 Rekomendasi Nasi Uduk Enak dari Abdel Achrian Foto: YouTube Abdel Achrian

Terbaru, Abdel merekomendasikan nasi uduk enak di kawasan Pejaten Barat. Namanya Nasi Uduk Bang Salim yang ada di Gang T Nomor 6, RT 5/RW 3. Lokasinya nyempil di dalam gang, namun punya banyak penggemar.

Datang pukul 6.30 pagi, Abdel langsung memesan nasi uduk dengan bakwan dan tempe goreng. Ia juga minta banyak sambal kacang. Meski racikannya sederhana, namun nasi uduk ini terlihat menggugah selera.

Ia pun nampak lahap sarapan nasi uduk ini. Apalagi setelah ditambahkan kerupuk. Menurut Abdel, cita rasa nasi uduk di sini tidak terlalu khas Betawi, namun tetap enak.

Nasi Uduk Bang Salim sudah ada sejak tahun 1980. Untuk harganya, nasi uduk dengan dua gorengan yang dinikmati Abdel hanya Rp 7 ribu.

2. Nasi Uduk Mak Enas

5 Rekomendasi Nasi Uduk Enak dari Abdel Achrian5 Rekomendasi Nasi Uduk Enak dari Abdel Achrian Foto: YouTube Abdel Achrian

Petualangan Abdel mencari nasi uduk enak juga sampai ke kawasan Harjamukti, Cimanggis, Depok. Ia sarapan di Nasi Uduk Mak Enas yang beralamat di Jalan Sumur Bandung 3. Nasi uduk di sini buka sejak pukul 05.30 pagi.

Nasi uduk di sini unik karena lauknya hanya satu saja, tempe goreng. Tapi dalam waktu 2 jam, nasi uduk sudah bisa ludes terjual. Nasi uduk disajikan dengan taburan bawang goreng dan irisan telur dadar.

Untuk sambalnya merupakan sambal kacang yang kemerahan. "Nasi uduk kalau udah ada sambal kacangnya udah pasti enak," komentarnya. Saking doyannya, Abdel bahkan sampai menambah nasi plus tempe goreng. Harga seporsi nasi uduk di sini Rp 5 ribu dan gorengannya Rp 1 ribu.

Baca Juga: Sedapnya Nasi Uduk Kebon Kacang Legendaris Racikan Kedai Zainal Fanani

3. Nasi Uduk H Yoyo

5 Rekomendasi Nasi Uduk Enak dari Abdel Achrian5 Rekomendasi Nasi Uduk Enak dari Abdel Achrian Foto: YouTube Abdel Achrian

Masih di kawasan Depok, Pitara, ada nasi uduk enak buatan H Yoyo yang sudah ada sejak 1952. Alamatnya di Jalan Pitara Raya Nomor 3.

Lauk nasi uduk di sini disajikan prasmanan sehingga pengunjung bisa pilih sendiri. Abdel memilih lauk tempe dan ayam goreng. Lauk kemudian digoreng sesaat sebelum disajikan.

Selain tempe dan ayam, ada juga lauk cumi jagung manis, teri melinjo, kikil cabai hijau, sambal goreng kentang, semur jengkol, oseng daun pepaya, ikan tongkol balado, perkedel, telur balado, dan banyak lainnya.

Porsi nasi uduknya mungil dan dibalut daun pisang, seperti nasi uduk khas Kebon Kacang. Pendampingnya sambal kacang dan kerupuk.

"Enak banget ini. Gue penggemar nasi uduk, khususnya yang pakai sambal kacang. Ini mah enak banget beneran. Rasanya tuh beda, enak banget" ujar Abdel.

4. Nasi Uduk Cawang

5 Rekomendasi Nasi Uduk Enak dari Abdel Achrian5 Rekomendasi Nasi Uduk Enak dari Abdel Achrian Foto: YouTube Abdel Achrian

Rekomendasi nasi uduk dari Abdel selanjutnya ada di kawasan Cawang. Warung nasi uduk ini tak ada nama, namun laris diantre. Harganya terjangkau, Rp 3 ribuan.

Di peta digital, alamatnya Ayam Bakar Madu Mas Rio, Tanjung Sanyang RT 01 RW 08, Nomor 2. Di sini nasi uduk diracik bersama taburan bawang goreng lalu diguyur sambal kacang yang kental.

Untuk lauknya ada ragam gorengan, telur balado, dan banyak lauk lainnya. Abdel memilih dua tempe goreng sebagai pelengkap nasi uduk. "Enak banget mak, mantep mak!," kata Abdel pada sang penjual.

5. Nasi Uduk Betawi Rawamangun

5 Rekomendasi Nasi Uduk Enak dari Abdel Achrian5 Rekomendasi Nasi Uduk Enak dari Abdel Achrian Foto: YouTube Abdel Achrian

Sebagai pencinta nasi uduk, Abdel juga mengakui kelezatan nasi uduk Betawi langganannya di Rawamangun. Tepatnya di Jalan Pinang dengan patikan lokasi area parkir Pasar Pagi Rawamangun.

Buka sejak pukul 5 sore, nasi uduk di sini disajikan dengan pilihan lauk lauk ayam, paru goreng, sate ati ampela, dan tahu tempe goreng. "Sambalnya di sini enak banget," kata Abdel.

Ia suka makan nasi uduk dengan sambal kacang yang diaduk. Abdel juga menjelaskan kalau ayam gorengnya enak dan gurih. Paling pas dicocol ke sambal merahnya.

Baca Juga: Sultan! Nasi Uduk Ini Pakai Lauk Semur Sengkel Rp 40 Ribu

(adr/odi)
FOKUS BERITA Nasi Uduk Betawi

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com