8 Hidangan Cap Go Meh di Singkawang yang Enak dan Populer

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 26 Feb 2021 16:30 WIB
hidangan cap go meh di singkawang Foto: iStock
Jakarta -

Banyak masyarakat keturunan China di Singkawang yang merayakan Cap Go Meh. Biasanya 8 jenis makanan ini akan disajikan oleh keluarga di Singkawang.

Cap Go Meh berasal dari dialek Tiociu atau Hokkien yang berarti malam ke lima belas. Sedangkan dalam dialek Hakka dikenal dengan sebutan Cang Nyiat Pan yang berarti pertengahan bulan satu.

Perayaan Cap Go Meh juga dikenal sebagai Lantern Festival. Perayaan ini biasanya dirayakan secara besar-besaran dengan adanya pawai, seperti yang sering diadakan di Singkawang.

Namun, karena saat ini sedang ada pandemi COVID-19 untuk sementara perayaan tersebut ditiadakan di Singkawang. Hal ini disampaikan oleh Dr. Hasan Karman selaku Budayawan Peranakan Singkawang dalam webinar Aksara Pangan 'Cang Nyiat Pan- Mengenal Lebih Jauh Budaya Cap Go Meh di Kalimantan Barat'.

Selain perayaan Cap Go Meh yang identik dengan pawai keliling sekelompok 'Tatung' dan acara lelang barang, ada juga hidngan yang umum disajikan oleh keluarga di Singkawang.

Chef Meliana Christanty dalam webinar tersebut menjelaskan sekitar 8 makanan yang umum disajikan dalam perayaan Cap Go Meh di sana.

"Jadi yang akan saya jelaskan di sini tentunya tidak akan sama di setiap rumah. Sama halnya dengan lebaran, di setiap keluarga itu pasti beda. Saya akan menjelaskan yang umum yang biasanya ada di keluarga-keluarga," ujarnya.

Baca Juga: Kisah Onde-onde, Sajian Spesial Cap Go Meh yang Legit Kenyal

Berikut 8 makanan populer untuk perayaan Cap Go Meh di Singkawang:

1. Chiang Mie

hidangan cap go meh di singkawanghidangan cap go meh di singkawang Foto: iStock

Chiang mie atau mie panjang umur merupakan olahan mie goreng dengan bumbu bawang putih, merica, garam, kecap ikan, dan saus tiram. Chef Meliana menjelaskan kalau mie panjang umur tidak ditambahkan kecap manis.

Agar makin nikmat, biasanya mie panjang umur ini ditambahkan telur agar proses memasaknya tidak lengket di wajan. Lalu ada pelengkap sayuran berwarna hijau dan oranye, seperti buncis dan wortel.

2. Masakan Ca

Masakan ca atau tumisan juga sering disajikan saat perayaan Cap Go Meh di Singkawang. "Ini bisa perpaduan dari fish maw atau perut ikan, bakso ikan belida atau ikan lain plus teripang," jelas Chef Meliana Christanty.

Selain itu, Chef Meliana juga menjelaskan kalau tumisan bisa terbuat dari paduan rebung, haisom, dan sam chan (daging perut babi). "Jika tidak ada yang bisa makan perut babi bisa diganti dengan ayam kampung," ujarnya.

3. Hekeng

Hekeng juga umum disajikan menurut Chef Meliana. "Hekeng juga adalah makanan yang biasanya wajib ada di setiap pesta ulang tahun, resepsi, Imlek, dan Cap Go Meh. Hekeng ini dipadukan dengan saus yang kental dan rasanya adam asam manisnya," ujarnya.

Hekeng merupakan makanan yang terbuat dari campuran daging udang dan babi yang telah dihaluskan, kemudian dibungkus dengan kulit tahu. Hekeng ini harus dikukus terlebih dahulu agar padat dan barulah digoreng.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Festival Pawai Tatung, Singkawang"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com