10 Kopi Terkenal di Dunia, dari Dalgona hingga Es Kopi Thailand

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 26 Feb 2021 06:00 WIB
10 Kopi Terkenal di Dunia, dari Dalgona hingga Es Kopi Thailand Foto: Getty Images/AsiaVision
Jakarta -

Kopi merupakan minuman berkafein tinggi yang punya banyak penggemar. Kopi dikreasikan menjadi ragam minuman di berbagai negara. Berikut 10 kopi terkenal di dunia.

Kopi merupakan minuman berkafein yang banyak dipilih orang untuk meningkatkan fokus atau bersantai. Kopi bisa disajikan dengan berbagai cara, menyesuaikan dengan selera dan suasana yang diinginkan.

Ketika seseorang sedang ingin fokus, mungkin kopi yang dipilih merupakan kopi hitam yang rasanya kuat. Sedangkan, untuk bersantai di sore hari, kopi yang cenderung dingin akan cocok untuk mengisi waktu.

Kopi adalah minuman yang sangat mudah dikreasikan dengan berbagai campuran dan dibuat dengan berbagai teknik. Hal ini membuat kopi menjadi minuman terkenal di dunia.

Berikut ini daftar 10 kopi terkenal di dunia, seperti diungkap The Spruce Eats (16/2):

1. Dalgona Coffee, Korea

10 Kopi Terkenal di Dunia, dari Dalgona hingga Es Kopi Thailand10 Kopi Terkenal di Dunia, dari Dalgona hingga Es Kopi Thailand Foto: Getty Images/AsiaVision

Kopi kocok asal Korea atau Dalgona muncul saat pandemi Covid-19, tepatnya di tahun 2020. Awalnya, kreasi kopi ini banyak diunggah ke media sosial seperti Instagram dan Tik Tok hingga kemudian banyak orang yang ikut membuatnya.

Pembuatannya pun cukup gampang dan tidak menggunakan alat rumit. Kamu hanya butuh sendok atau kocokan sebagai alat utama. Lalu siapkan campuran kopi instan, gula pasir dan air dengan perbandingan 1:1:1.

2. Affogato, Italia

Siapa bilang rasa kopi hanya pahit? Affogato asal Italia ini justru lebih cocok dikategorikan sebagai hidangan penutup yang manis.

Bahan-bahan untuk membuatnya pun cukup mudah dan bisa dilakukan di rumah. Hanya butuh sesendok es krim dan kopi espresso.

3. Turkish Coffee, Turki

10 Kopi Terkenal di Dunia, dari Dalgona hingga Es Kopi Thailand10 Kopi Terkenal di Dunia, dari Dalgona hingga Es Kopi Thailand Foto: Getty Images/AsiaVision

Kopi terkenal di dunia selanjutnya berasal dari Turki. Cara menyeduh kopi ala orang Turki ini begitu klasik sehingga banyak digemari. Membuatnya hanya membutuhkan kopi bubuk, air dan teko khusus kopi turki.

Secara tradisional, kopi ini akan diseduh dengan cara dimasak menggunakan pasir panas. Tetapi, perkembangan membuat kopi Turki menjadikannya bisa diseduh dengan menggunakan kompor yang ada di rumah.

Baca Juga: Negara Penghasil Kopi Terbesar di Dunia, Ada Indonesia

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com