Dokter Ini Sebut Buah Nanas Suka dengan Tekstur Daging Manusia

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 26 Feb 2021 13:30 WIB
Dokter Ini Sebut Buah Nanas Suka dengan Tekstur Daging Manusia Foto: iStock/UNILAD
Jakarta -

Sensasi gatal hingga rasa perih saat makan nanas ternyata ada penyebabnya. Bahkan dokter ini menyebut bahwa nanas suka dengan tekstur daging manusia.

Kebanyakan orang akan merasakan gatal, perih atau panas di bagian lidah dan dinding mulut setelah memakan buah nanas. Ternyata hal ini lumrah terjadi pada setiap orang.

Baca Juga: Begini Nih Cara Makan Buah Nanas yang Benar dan Praktis

Dilansir dari UNILAD (25/02), ada beberapa orang yang merasakan sensasi terbakar di area mulut setelah makan buah nanas. Hal ini banyak membuat orang berpikir bahwa mereka memiliki alergi buah nanas.

Dokter Ini Sebut Buah Nanas Suka dengan Tekstur Daging ManusiaDokter Ini Sebut Buah Nanas Suka dengan Tekstur Daging Manusia Foto: iStock/UNILAD

Padahal menurut Dokter Karan Raj dari Inggris, nanas ini memang suka dengan tekstur daging manusia.

Lewat penjelasan singkat yang dia unggah di TikTok dan Instagramnya. Dokter yang memiliki 2,9 juta followers di TikTok tersebut, mengatakan bahwa sebenarnya ketika kita makan nanas, buah nanas ini akan ikut memakan kita.

"Ini agar kalian tahu saja ya. Jika kalian makan buah nanas, sebenarnya nanas itu ikut memakan kita. Ini lah mengapa mulut kita terasa gatal hingga perih setelah memakan nanas," jelas Dokter Karan.

Fenomena ini disebabkan karena nanas mengandung enzim bernama Bromelain. Enzim yang satu ini fungsingnya untuk mencerna protein. Zat ini biasanya ditemukan pada batang dan buah nanas.

Dokter Ini Sebut Buah Nanas Suka dengan Tekstur Daging ManusiaDokter Ini Sebut Buah Nanas Suka dengan Tekstur Daging Manusia Foto: iStock/UNILAD

"Alasan mengapa buah nanas suka dengan tekstur daging manusia, karena enzim Bromelain ini suka mencerna protein. Dan karena tubuh kalian dipenuhi protein, jadi ketika kalian makan buah nanas, buah ini akan mencoba untuk mencerna kalian. Salah satunya dengan mencerna lidah dan bagian dinding mulut," lanjut Dokter Karan.

Meski penjelasannya terdengar menyeramkan. Tapi Dokter Karan menjelaskan agar kita tidak perlu khawatir saat makan buah nanas.

"Tapi jangan khawatir. Ketika kalian menelan buah nanas, kandungan asam dari dalam perut akan menghancurkan enzim tersebut," pungkas Dokter Karan.

Tentu saja penjelasan singkat ini membuat banyak netizen terkejut. Mereka tidak menyangka bahwa nanas bisa 'balas dendam' saat tengah dikonsumsi.

"Selama ini saya pikir, saya alergi buah nanas. Sampai saya tidak pernah makan buah nanas lagi karena trauma dengan rasa gatalnya," komen netizen.

Dokter Ini Sebut Buah Nanas Suka dengan Tekstur Daging ManusiaDokter Ini Sebut Buah Nanas Suka dengan Tekstur Daging Manusia Foto: iStock/UNILAD

"Saya tahu bahwa saya ini enak untuk dimakan. Nanas saja ingin memakan saya," canda salah satu netizen.

"Dimakan buah nanas? Pada tahap ini saya sudah tidak terkejut lagi," tulis netizen lainnya.

Ada beberapa cara yang bisa menghilangkan efek samping dari makan nanas. Caranya mudah dan praktis. Cukup merendam buah nanas utuh yang baru saja dikupas kulitnya ke dalam air garam. Baru kemudian buah tadi bisa dipotong dan dimakan.

Baca Juga: Ini Trik Jitu Agar Lidah Tak Lagi Gatal Usai Makan Nanas



Simak Video "Masak Masak: Bikin Ayam Tepung Saus Nanas"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com