Ini Trik Jitu Agar Lidah Tak Lagi Gatal Usai Makan Nanas

Dewi Anggraini - detikFood Selasa, 13 Mar 2018 10:30 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Lidah gatal usai makan nanas? Ternyata ada penyebab dan cara jitu untuk mencegahnya. Jadi Anda tidak perlu lagi menghindari buah yang manis segar ini.

Nanas merupakan salah satu buah yang punya rasa yang manis segar sekaligus kaya vitamin C. Tapi buah ini sering dihindari orang. Alasannya karena menyebabkan lidah gatal. Padahal ada trik jitu agar lidah tak gatal usai makan nanas.

Nanas juga mengandung antioksidan yang bisa mencegah sariawan dan meningkatkan imunitas. Bahkan buah ini bisa menstabilkan kadar kolesterol dalam darah.

Ini Trik Jitu Agar Lidah Tak Lagi Gatal Usai Makan NanasFoto: iStock
Walau punya banyak manfaat, buah kuning ini sering dihindari karena sebabkan lidah gatal. Penyebab lidah gatal usai makan nanas dikarenakan nanas mengandung enzim proatase. Enzim ini biasa disebut bromelain. Bromelain dengan mudah mencerna protein yang ada pada jaringan di lidah saat Anda mengunyah nanas.

Jaringan ini berbentuk lendir. Fungsinya untuk melindungi mulut. Saat bromelain berhasil menghilangkan lendir ini, lidah akan sangat sensitif. Hal inilah yang menyebabkan lidah gatal atau ba'al.

Baca Juga: Nanas Juga Enak Diolah Jadi Minunan Beralkohol

Ini Trik Jitu Agar Lidah Tak Lagi Galau Usai Makan NanasFoto: iStock
Ternyata, nanas satu satunya buah yang mengandung bromelain. Selain mencerna protein, enzim ini juga bisa memecah asam amino.

Sebuah dokumenter yang dibuat Netflix membagikan tips jitu untuk mencegah lidah gatal atau ba'al usai makan nanas lapor Daily Mail (8/3). Caranya ternyata sangat mudah. Anda cukup merendam buah nanas utuh yang baru saja dikupas kulitnya ke dalam air garam. Baru kemudian buah tadi bisa Anda potong dan makan.

Ini Trik Jitu Agar Lidah Tak Lagi Galau Usai Makan NanasFoto: iStock
Metode ini dipercaya karena air garam bisa menghambat kinerja bromelain. Selain air garam, memadukan nanas dengan yogurt dan es krim juga bisa mengurangi rasa gatal di lidah.
Hal ini dikarenakan enzim bromelin bisa mencerna protein yang ada pada es krim dan yogurt dibanding yang ada pada jaringan lidah.

Dua metode ini sebenarnya belum teruji secara klinis. Tapi para chef di dunia sudah membuktikannya. Menurut mereka cara ini sangat ampuh.

Sebenarnya tidak usah khawatir pada lidah gatal usai makan nanas. Karena hal ini hanya berlangsung sementara. Karena sel sel dalam mulut yang rusak akan cepat teregenerasi kembali.

Baca Juga: Para Chef Bicara Soal Kontroversi Nanas Sebagai Topping Pizza (dwa/odi)