Nasi Uduk Betawi

Kagak Ade Duanye! 5 Nasi Uduk Betawi yang Tersohor Lezat di Jakarta

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 24 Feb 2021 12:00 WIB
nasi uduk betawi Foto: iStock
FOKUS BERITA Nasi Uduk Betawi
Jakarta -

Sudah berjualan sejak puluhan tahun, warung nasi uduk ini tersohor enak di Jakarta. Jangan lupa mampir buat buktikan kelezatannya.

Nasi uduk jadi salah ikon kuliner Jakarta yang digemari banyak orang. Terkenal dengan lauk pauknya, semur jengkol, bihun goreng hingga sambal kacang yang gurih pedas.

Selain itu nasi uduk Betawi juga punya tekstur yang pera dengan arma daun salam, serai dan daun jeruk yang semerbak. Rasa gurihnya berpadu sempurna dengan aneka lauk rumahan yang manis, gurih, pedas dan bikin nagih.

Di Jakarta sendiri ada banyak tempat makan nasi uduk Betawi yang tersohor sejak puluhan tahun dan tergolong legendaris. Mulai dari Nasi Uduk Mas Miskun, Nasi Uduk Mat Lengket sampai Nasi Uduk Gondangdia.

Berikut lima rekomendasi tempat makan nasi uduk Betawi yang enak di Jakarta.


1. Mat Lengket

Kagak Ade Duanye! 5 Nasi Uduk Betawi yang Tersohor Lezat di JakartaKagak Ade Duanye! 5 Nasi Uduk Betawi yang Tersohor Lezat di Jakarta Foto: detikFood

Di sekitar Pulo Gadung, Jakarta Timur. Ada tempat makan nasi uduk gaya Betawi yang selalu ramai dipenuhi pengunjung. Namanya Nasi Uduk dan Ayam Goreng Mat Lengket.

Tempat makan nasi uduk Betawi ini eksis di kalangan food vlogger yang penasaran dengan rasa enaknya. Nasi uduknya harum dan gurih santan. Untuk lauknya tentunya ada ayam goreng kampung dengan bumbu kunyit.

Kelezatan rasa nasi uduk dan ayam gorengnya tak perlu diragukan lagi. Apalagi dicocol dengan sambal pedas khas Mat Lengket yang sedikit manis namun tetap menyengat. Untuk kisaran harganya sekitar Rp 25.000 saja per porsi.


Baca Juga: Nasi Uduk Mat Lengket: Menyantap Nasi Uduk Komplet Plus Semur Jengkol Nikmat

Nasi Uduk dan Ayam Goreng Mat Lengket
Jl. Bekasi Timur Raya No.KM. 17.
Pulo Gadung, Jakarta Timur.
Telp: 0899-7305-252
Jam Buka: 17.00 - 22.00


2. Kedai Zainal Fanani 1967

Nasi Uduk, a traditional dish from Betawi, Jakarta. A dish of steamed rice infused with fragrant coconut milk and served with variety of side dishes such as fried chicken, sautéed tempeh, omelet, fresh vegetables, cracker crisp, fried shallots and spicy peanut sauce. Here each of the food item is arranged on individual dish, ready to be plated as a one-dish-meal. All the dish containers are traditional Indonesian craft. They are all arranged on a straw-mat-lined bamboo tray. A bunch of wooden cutleries also placed among the dishes.Ilustrasi Nasi Uduk, a traditional dish from Betawi, Jakarta. Foto: iStock

Masuk dalam jajaran nasi uduk Betawi yang legendaris di Jakarta. Kedai Zainal Fanani 1967, menawarkan nasi uduk enak dengan aneka lauk khas Betawi yang sudah ada sejak tahun 1967.

Cabang Kedai Zainal Fanani ini cukup banyak. Tapi kalau mau yang autentik, bisa mampir ke gerai utama mereka di jalan Kebon Kacang, Jakarta Pusat.

Lauk untuk nasi uduknya cukup beragam. Di sini bisa pesan nasi uduk dengan ayam goreng kuning, jantung ayam, empal, udang, paru, babat sampai iso. Untuk kisaran harga per menunya dimulai dari Rp 14.000 saja.

Kedai Zainal Fanani 1967 Kebon Kacang
Jl. Kb. Kacang 8 No.5.
Tanah Abang, Jakarta Pusat.
Telp: (021) 31903863
Jam Buka: 10.00 - 23.00


3. Nasi Uduk Gondangdia

Kagak Ade Duanye! 5 Nasi Uduk Betawi yang Tersohor Lezat di JakartaKagak Ade Duanye! 5 Nasi Uduk Betawi yang Tersohor Lezat di Jakarta Foto: detikFood

Di daerah Jakarta Pusat, memang gudangnya aneka nasi uduk Betawi yang enak dan terkenal. Salah satunya Nasi Uduk Gondangdia di Cikini. Terbilang legendaris karena sudah berdiri sekitar 25 tahun lebih.

Menu makanannya memang sederhana. Nasi uduk Betawi yang dibungkus daun pisang berbentuk kerucut. Disandingkan dengan ayam goreng, semur, bihun sampai lalapan dan sambal serta sayur asam.

Sajian nasi uduk Betawi ini cukup istimewa. Menu andalannya bisa pesan ayam bakar, lele, gurame, bawal, babat hingga udang. Kisaran harganya dari Rp 15.000 saja.

Nasi Uduk Gondangdia
Jl. Cikini IV No. 12.
Menteng, Jakarta Pusat.
Telp: 081377745555
Jam Buka: 10.00 - 22.00

4. Nasi Uduk Mas Miskun

nasi uduk super spesialIlustrasi Nasi Uduk Betawi. Foto: Devi S. Lestari/detikFood

Sama seperti nasi uduk Fanani, Nasi Uduk Mas Miskun juga punya beberapa cabang yang tersebar di Jakarta. Untuk gerai di daerah Percetakan Negara, di sini menu nasi uduk Betawi nya cukup lengkap.

Di sini bisa pilih menu paket nasi uduk dengan lauk yang beragam dan bikin ngiler. Misalnya paket nasi uduk dengan ikan wader goreng, yang disajikan dengan sambal dan lalapan.

Tak ketinggalan nasi uduk empal, nasi uduk bebek, nasi uduk ayam goreng sampai nasi uduk lele yang gurih renyah. Kisaran harganya sekitar Rp 25.000 saja per porsi. Tersedia juga menu lainnya seperti pepes tahu hingga oncom cabe hijau.

Mas Miskun Percetakan Negara
Jl. Percetakan Negara No.15.
Senen, Jakarta Pusat.
Telp: (021) 3907000


5. Nasi Uduk Dan Ayam Goreng Lahap

Nasi uduk yang buka malamIlustrasi Nasi Uduk Foto: detiKFood

Melipir sedikit ke arah Jakarta Barat, ada rumah makan Nasi Uduk Dan Ayam Goreng Lahap yang terkenal. Di sini populer menu nasi uduk Betawi dengan aneka lauk enak yang dimasak langsung.

Uniknya lagi di sini nasi uduk Betawi nya bisa nambah sepuasnya. Rasa nasi uduknya juga enak, dengan aroma nasi yang harum menggoda selera.

Sementara pilihan lauknya ada menu ayam goreng suwir. Udang dan cumi bakar yang masih segar. Empal, gurame goreng, semur tahu, paru hingga sambal goreng kentang. Kisaran harganya sekitar Rp 12.000 per menu.

Jl. Tanjung Duren Raya No. 66.
Tanjung Duren, Jakarta Barat.
Telp: 021 5641739
Jam Buka: 10.00 - 23.00

Baca Juga: Nasi Uduk Janda: Gurihnya Nasi Uduk Plus Puluhan Lauk Incaran Mahasiswa



Simak Video "Bukannya Rugi, Nasi Uduk Legendaris Ini Laris saat Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)
FOKUS BERITA Nasi Uduk Betawi

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com