Keren! Vending Machine Ini Tawarkan Salmon hingga Wagyu

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 23 Feb 2021 15:30 WIB
vending machine di singapura Foto: BBC
Jakarta -

Inovasi vending machine makin berkembang pesat. Tak hanya menawarkan minuman segar, kini ada salmon dan wagyu yang bisa kamu dapatkan dari vending machine.

Dulu vending machine hanya menawarkan minuman kaleng atau botolan, tapi kini produk yang ditawarkan lewat vending machine makin beragam.

Terbukti dengan hadirnya vending machine yang menawarkan makanan. Seperti sayuran, makanan beku, hingga makanan siap saji. Vending machine seperti ini banyak sekali ditemui di Jepang.

Kini vending machine yang terbilang 'unik' juga sudah mulai menyebar di negara lainnya. Seperti yang ada di Singapura.

Baca Juga: Vending Machine Pasta Ini Jadi Solusi Restoran Italia Berjualan

vending machine di singapuravending machine di singapura Foto: scandasia

Dilansir dari BBC (20/2), Singapura kini memiliki beragam jenis vending machine yang unik. Vending machine itu tak hanya menawarkan minuman kaleng, tetapi juga makanan.

Di salah satu kawasan yang ada di Singapura, kamu bisa menemukan vending machine unik yang menawarkan salmon dan daging wagyu. Keduanya dikemas dalam kemasan vacuum.

Reporter dari BBC ini membeli masing-masing satu jenis produk dari kedua vending machine tersebut. Untuk salmon, ia membeli salmon dalam bentuk irisan khas sashimi.

Vending machine yang menawarkan salmon ini menggunakan salmon dari Norwegia. Bentuk vending machine-nya juga lebih mirip ATM.

Salmon dibanderol harga S$ 5.90 (Rp 62.963) per 200 gram dan dalam keadaan mentah. Proses pembayarannya juga hanya bisa menggunakan kartu debit atau kredit saja.

vending machine di singapuravending machine di singapura Foto: BBC

Sedangkan untuk daging wagyu, reporter ini memilih jenis striploin Wagyu Australia. Daging wagyu yang didapatkan dari vending machine ini dibanderol harga S$ 24 (sekitar Rp 256 ribu).

Vending machine lain yang ditawarkan oleh Singapura ada yang menyediakan menu nasi lemak. Vending machine ini bernama Boon Lay Power Nasi Lemak. Untuk menikmati makanan di dalamnya, pembeli harus merogoh kocek sekitar Rp. 50-70 ribu.

vending machine makanan berupa nasi lemak dan makanan khas Malaysia lainnyavending machine makanan berupa nasi lemak dan makanan khas Malaysia lainnya Foto: Istimewa

Mengapa usaha vending machine sangat berkembang pesat di Singapura? Menurut Manish Kumar, direktur pengelola dari vending machine Salmon Norwegia menjelaskan alasannnya.

Menurutnya, vending machine menawarkan ruang ritelnya sendiri. Di mana produk beku Salmon miliknya itu tidak akan ditempatkan di samping salmon segar yang jauh lebih populer di Singapura.

Mervin Tham, salah satu pendiri EasyMeat vending machine yang menawarkan wagyu ini juga memiliki alasannya. "Ini adalah cara yang mudah untuk menguji suatu produk, terutama jika Anda memulai bisnis sendiri. Dan umumnya ada minat terhadap budaya ritel otomatis yang Anda lihat di luar negeri, seperti di Jepang," jelasnya.

Baca Juga: Keren! Beli Nasi Lemak Sekarang Bisa Lewat Vending Machine



Simak Video "Uniknya Vending Machine di Jepang, Ada Es Krim hingga Bir"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com