Vending Machine Pasta Ini Jadi Solusi Restoran Italia Berjualan

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 09 Feb 2021 15:30 WIB
Vending Machine Pasta Ini Jadi Solusi Restoran Italia Berjualan Foto: Stellina Pizzeria/iStock
Jakarta -

Banyak cara yang dilakukan para pelaku bisnis untuk menghadapi pandemi Covid-19. Seperti membuat vending machine untuk pasta yang dilakukan sebuah restoran Italia.

Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang cukup besar pada dunia kuliner. Para pemilik restoran terpaksa beradaptasi dengan keadaan yang serba dibatasi. Berbagai kreasi dan inovasi harus dilakukan agar restoran tetap bisa beroperasi.

Mulai dari pembatasan pengunjung untuk makan di tempat atau bahkan layanan pesan antar yang lebih diaktifkan. Tetapi, salah satu restoran pasta asal Amerika Serikat ini melakukan inovasi yang sangat berbeda.

Mengutip dari Food and Wine (5/2), Stellina Pizzeria merupakan salah satu restoran yang berlokasi di Washington D.C dan Arlington, Virginia. Shirlington Stellina menciptakan sebuah mesin penjual otomatis atau vending machine untuk bisa tetap menjual pasta mereka.

Vending Machine Pasta Ini Jadi Solusi Restoran Italia BerjualanVending Machine Pasta Ini Jadi Solusi Restoran Italia Berjualan Foto: Stellina Pizzeria/iStock

Baca Juga: Vending Machine Unik Ini Sediakan Selada hingga Nasi Lemak Nikmat

Sedangkan secara fisik, restoran mereka akan tutup hingga 12 Februari 2021. Inovasi ini digagas langsung oleh sang pemilik bersama dengan Antonio Matarazzo.

Inovasi ini diciptakan sebagai solusi untuk memudahkan para pelanggan yang ingin membeli pasta berikut saus pilihan untuk dibawa pulang. Bahkan mesin otomatis ini diletakkan di beberapa titik di luar area restoran.

"Pasti ada ruang bagi mesin penjual otomatis untuk tumbuh dalam popularitas di sini," kata pemilik Shirlington Stellina Pizzeria.

Pandemi Covid-19 yang sudah mulai terjadi sejak awal tahun lalu, justru dilihat oleh Matarazzo sebagai peluang untuk menguji teorinya tentang mengembangkan popularitas mesin penjual otomatis. Bahkan ia mengatakan bahwa ide ini sudah mulai dirancang sejak pandemi belum mulai menyerang Amerika Serikat.

"Kami pertama kali mendapat ide untuk mesin penjual otomatis pada bulan Maret. Pandemi baru saja melanda Pantai Timur, dan kami mencari cara kreatif untuk mengirimkan makanan kepada para tamu kami," kata Matarazzo.

Vending Machine Pasta Ini Jadi Solusi Restoran Italia BerjualanVending Machine Pasta Ini Jadi Solusi Restoran Italia Berjualan Foto: Stellina Pizzeria/iStock

Matarazzo awalnya mendapatkan ide ini ketika menemukan mesin penjual otomatis di California yang menjual permen dan kantong camilan. Setelah ia cari tahu lebih rinci, ternyata pembuatannya cukup mudah karena hanya membutuhkan pengukuran kemasan pasta untuk membuat sebuah mesin penjual otomatis.

Akhirnya, mesin penjual otomatis mereka yang menyajikan seperangkat pasta direalisasikan setelah 11 bulan pembuatan mesin. Mesin tersebut berisi pilihan pasta seperti cacio e pepe, pomodoro dan bolognese.

"Mesin didinginkan untuk menjaga produk pada suhu yang tepat dan ada lift dengan bantalan busa di bagian bawah untuk menjaga barang-barang yang mudah pecah dan agar kemasan tetap utuh ketika terdorong keluar," kata Matarazzo.

Mesin penjual otomatis atau vending machine pasta saat ini dioperasikan mulai pukul 10.30 pagi hingga 20.00 malam pada hari kerja. Saat akhir pekan, mesin penjual otomatis ini beroperasi lebih lama 1 jam yang berakhir pada 21.00 malam.

"Kami berencana untuk terus memperluas jenis produk yang kami stok. Mungkin anggur, pizza kit, dan barang-barang lainnya serta memasang mesin tambahan di gedung kantor," kata Matarazzo.

Baca Juga: Unik! Di Jepang Ada Vending Machine yang Terbuat dari Kardus



Simak Video "Menjajal Sajian Autentik Khas Italia di Tangsel"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com