5 Sayuran yang Tumbuh Subur di Luar Angkasa, Selada hingga Lobak

Devi Setya - detikFood Senin, 22 Feb 2021 15:30 WIB
5 Sayuran yang Tumbuh Subur di Luar Angkasa, Selada hingga Lobak Foto: Nasa.gov

2. Lobak


Desember 2020, astronot Kate Rubins berhasil memanen lobak segar di luar angkasa. Lobak ini sengaja ditanam di Advanced Plant Habitat (APH) di atas stasiun luar angkasa.

Lobak pertama di luar angkasa ini diberi label Plant Habitat-02 (PH-02). Tanaman ini dipilih karena teknik tanamnya mudah dipahami para ilmuwan, rasanya enak dan bisa dipanen dalam waktu singkat.

Lobak luar angkasa ini bisa dipanen setelah proses tanam selama 27 hari. Ke depannya, tanaman lobak direncanakan akan jadi stok makanan segar bagi para astronot yang bertugas dalam jangka waktu berbulan-bulan.

5 Sayuran yang Tumbuh Subur di Luar Angkasa, Selada hingga Lobak5 Sayuran yang Tumbuh Subur di Luar Angkasa, Selada hingga Lobak Foto: Nasa.gov


3. Selada


Kabar terbaru soal panen sayuran di luar angkasa baru saja disampaikan pihak NASA pada Februari 2021. NASA dilaporkan berhasil melakukan transplantasi tanaman sayur pertama di salah satu fasilitas yang ada di stasiun luar angkasa.

Ada dua jenis sayuran yang dilaporkan berhasil yakni selada dan pak choi. Awalnya, untuk jenis selada sempat mengalami kegagalan namun setelah melewati serangkaian penelitian akhirnya selada berhasil tumbuh subur mengikuti pak choi.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com