Cara Menyeduh Teh yang Benar, Jangan Pakai Microwave!

Diah Afrilian - detikFood Senin, 22 Feb 2021 05:00 WIB
Cara Menyeduh Teh yang Benar, Jangan Pakai Microwave! Foto: Getty Images/Six_Characters
Jakarta -

Microwave jadi cara termudah untuk memanaskan makanan. Tetapi jangan pernah coba menyeduh teh dengan microwave. Ini cara menyeduh teh yang benar.

Beberapa orang sering kali menggunakan microwave untuk menghangatkan atau memanaskan makanan. Misalnya menghangatkan makanan kemasan yang dibeli atau memanaskan makanan sisa semalam.

Menggunakan oven microwave untuk memanaskan makanan adalah hal yang wajar dan boleh dilakukan. Lalu bagaimana jika memanaskan bahan lainnya?

Beberapa orang juga mungkin menggunakan microwave untuk memanaskan air minum, tentunya ini sangat berbahaya ketika kamu mengeluarkan gelas dari dalam microwave. Terlebih, jangan pernah membuat teh dengan air yang dipanaskan dengan microwave. Ini penjelasannya.

Baca Juga: Panaskan Air untuk Bikin Teh, Lebih Baik Pakai Microwave atau Teko?

Menurut Real Simple (12/2), teh membutuhkan suhu air yang berbeda. Misalnya pada teh hijau atau teh putih. Teh jenis ini harus diseduh pada suhu berkisar 76 - 82 derajat Celcius.

Cara Menyeduh Teh yang Benar, Jangan Pakai Microwave!Cara Menyeduh Teh yang Benar, Jangan Pakai Microwave! Foto: Getty Images/Six_Characters

Jika memanaskan air dengan menggunakan microwave untuk membuat teh, kamu tidak akan mendapatkan panas yang cukup untuk menyeduh teh secara efektif. Lebih baik menggunakan teko listrik pemanas air karena suhunya bisa diketahui lebih jelas melalui termometer yang ada.

Menurut University of Electronic Science and Technology China juga dikatakan bahwa medan panas pada microwave hanya akan membuat panas berada pada bagian dasar dan permukaan air saja. Suhu yang tidak merata ini merupakan suhu air yang sangat buruk untuk menyeduh secangkir teh.

Sedangkan ketika kamu menggunakan ketel, panas pada air akan merata. Air akan dimasak hingga mendidih dengan suhu yang sama pada seluruh permukaan dan bagian air.

"Karena seluruh gelas itu sendiri juga menghangat, proses konveksi tidak terjadi dan cairan di bagian atas akhirnya jauh lebih panas daripada di bawahnya," kata peneliti.

Cara Menyeduh Teh yang Benar, Jangan Pakai Microwave!Cara Menyeduh Teh yang Benar, Jangan Pakai Microwave! Foto: Getty Images/Six_Characters

Selain merusak seduhan teh akibat suhu air yang tidak tepat, menyeduh teh dengan microwave juga merusak tradisi minum teh itu sendiri. Minum teh biasanya dilakukan pada waktu istirahat sehingga harus dilakukan dengan tenang dan perlahan.

Waktu menyeduh teh seharusnya menjadi waktu yang tenang untuk menikmati akhir hari atau jeda setelah banyak melakukan kegiatan. Menyeduh teh bukan sesuatu yang baik dikerjakan secara terburu-buru.

Bahkan pada tradisi penyeduhan teh yang asli, menyeduh teh memiliki upacaranya sendiri. Mulai dari memasukan daun teh ke gelas, menuang air panas hingga mengaduknya.

Secangkir teh terbaik juga dipercaya dihasilkan dari penyeduhan yang tenang dan perlahan. Bukan teh cepat saji yang tinggal dikeluarkan dari microwave.

Baca Juga: Menurut Peneliti, Cara Terbaik Menyeduh Teh Memakai Oven Microwave



Simak Video "Masak Masak: Tips Bikin Teh Tarik Jelly yang Menyegarkan"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com