Menurut Peneliti, Cara Terbaik Menyeduh Teh Memakai Oven Microwave

Annisa Trimirasti - detikFood Rabu, 12 Apr 2017 12:01 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - Menyeduh teh umumnya dengan air mendidih dari ceret. Tetapi menurut peneliti cara terbaik seduh teh dengan microwave. Ini alasannya.

Ilmu pengetahuan menyebutkan cara terbaik menyeduh teh adalah dengan microwave bukan dengan air mendidih dari ceret, lapor Food and Wine (11/4/17). Penelitian menunjukkan menyeduh kantung teh dan air dalam microwave adalah cara paling efektif mendapatkan manfaat dan rasa terbaik.

Cara baru ini merupakan hasil penelitian Quan Vuong, ilmuwan makanan dari University of Newcastle di Australia. Menurutnya menyeduh teh dengan oven microwave mengaktifkan 80% kandungan kafeinnya. Jugaasam amino dan antioksidan seperti theanine dan polyphenol. Metode seduh ini juga menghasilkan rasa paling enak.

Menurut Peneliti, Cara Terbaik Menyeduh Teh Memakai Oven MicrowaveFoto: iStock/detikFood
Menurut Vuong, memanaskan produk alami dengan microwave adalah cara paling efektif untuk mengekstrak senyawa bioaktif, antioksidan dan asam amino. Hal tersebut dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, kolesterol tinggi, hipertensi juga diabetes.

Penelitian dilakukan pada 2012 namun menjadi terkenal setelah baru-baru ini muncul kembali di ABC Radio. Setelah drama televisi Broadchurch menunjukkan karakternya menyeduh teh dalam mircowave.

Untuk menerapkan cara seduh teh tepat menurut Vuong, Anda cukup masukkan air dan kantung teh dalam gelas yang aman untuk microwave. Kemudian tempatkan gelas tersebut dalam microwave dan panaskan selama 30 detik atau power 50%, jika bisa dengan panas sedang.

Menurut Peneliti, Cara Terbaik Menyeduh Teh Memakai Oven MicrowaveFoto: iStock
Selanjutnya, ambil gelas dari microwave dan diamkan selama 1 menit sebelum mengeluarkan kantung teh dan menyeruput teh. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, Vuong mengatakan, minum teh 3 kali dalam sehari.

Teh bukan satu-satunya sajian yang terbaik dibuat dengan microwave. ABC Radio menyebutkan memanaskan kulit, biji, dan ampas lemon dengan microwave akan memaksimalkan kadar fenolik, lavonoid, proantosianin dan antioksidannya, yang tentunya semuanya baik untuk tubuh. (ani/ani)