Jorok! Ada Bangkai Kucing dan Sarang Lalat di Pabrik Kembang Tahu Ini

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 21 Feb 2021 10:30 WIB
Jorok! Ada Bangkai Kucing dan Sarang Lalat di Pabrik Kembang Tahu Ini Foto: The Star/Juice
Jakarta -

Jauh dari kata bersih. Pabrik kembang tahu yang satu ini jadi sarang lalat, hingga ditemukannya bangkai kucing yang sudah membusuk.

Kebersihan jadi faktor utama yang harus diperhatikan di setiap pabrik makanan. Tapi pabrik kembang tahu di Penang, Malaysia ini, berhasil membuat orang-orang yang melihatnya mual.

Baca Juga: Jijik Banget! Pabrik Tahu Ini Penuh Kecoak dan Kotoran Tikus

Dilansir dari Juice Online (21/02), baru-baru ini pengawas badan kesehatan di Penang menemukan satu pabrik kembang tahu atau foo chuk yang sangat kotor.

Jorok! Ada Bangkai Kucing dan Sarang Lalat di Pabrik Kembang Tahu IniJorok! Ada Bangkai Kucing dan Sarang Lalat di Pabrik Kembang Tahu Ini Foto: The Star/Juice

Ketika mereka menyidak pabrik tersebut mereka melihat lalat berterbangan di sana. Tak hanya itu di pabrik kembang tahu ini terdapat bangkai kucing yang sudah membusuk. Tak jauh dari tempat proses pembuatan kembang tahu.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, pabrik kembang tahu ini ternyata sudah beroperasi secara ilegal dan tanpa izin.

Ketika badan Mohd Wazir Khalid salah satu pengawas kesehatan Penang datang. Ia bertanya kenapa bangkai kucing itu dibiarkan begitu saja. Tapi beberapa pegawai pabrik menjawab bahwa mereka terlalu sibuk untuk membuang bangkai tersebut.

Bahkan banyak pegawai pabrik yang tak peduli ketika melihat banyaknya lalat. Lalat-lalat ini ternyata berasal dari peternakan ayam yang tak jauh dari sana.

Jorok! Ada Bangkai Kucing dan Sarang Lalat di Pabrik Kembang Tahu IniJorok! Ada Bangkai Kucing dan Sarang Lalat di Pabrik Kembang Tahu Ini Foto: The Star/Juice

"Mereka menggunakan papan kayu sebagai penyekat antara susu kedelai, di mana hal ini bisa menimbulkan pertumbuhan bakteri dari kayu ke kembang tahu. Selain itu terdapat bangunan kandang babi yang masih bisa ditemukan di sini," jelas Wazir.

Ada banyak kucing dan anjing yang berkeliaran di dalam area pabrik. Sehingga risiko penyebarab bakteri dari bulu hewan ke dalam makanan jauh lebih tinggi.

Apalagi kembang tahu yang diproduksi di sini digunakan untuk banyak brand yang berbeda. Jadi skala pembuatan kembang tahunya cukup besar.

Jorok! Ada Bangkai Kucing dan Sarang Lalat di Pabrik Kembang Tahu IniJorok! Ada Bangkai Kucing dan Sarang Lalat di Pabrik Kembang Tahu Ini Foto: The Star/Juice

Karena kelalaian ini. Pemilik pabrik kembang tahu di denda sebanyak RM 8.500 (Rp 29.6 juta). Badan pengawas kesehatan juga akan terus melakukan sidak secara berkala ke pabrik ini. Jika tidak ada perubahan, pabrik ini akan ditutup secara permanen.

Wazir berharap pemerintah setempat dapat membantu mengambil langkah yang tegas. Jika mereka menemukan pabrik atau tempat lainnya yang beroperasi secara ilegal seperti ini.

Kejadian pabrik makanan yang kotor, sering kali terjadi di Malaysia. Sebelumnya banyak pabrik makanan yang dipenuhi kecoak hingga tikus yang bikin mual.

Baca Juga: Penuh Serangga dan Kotoran Tikus, 5 Pabrik Makanan Ini Ditutup Paksa



Simak Video "Menjajal Kesegaran Air Mata Kucing dari Malaysia"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com