Jualan Bakso di Arab, Kedai Ini Setiap Hari Diserbu Pembeli Wanita

Devi Setya - detikFood Minggu, 21 Feb 2021 13:00 WIB
Jualan Bakso di Arab, Kedai Ini Setiap Hari Diserbu Wanita Bercadar Foto: youtube Alman Mulyana
Jakarta -

Beberapa daerah di Arab Saudi memang menyediakan makanan Indonesia, termasuk bakso. Kedai bakso di Jeddah misalnya, selalu ramai diserbu wanita.

Meskipun jauh dari Indonesia, tapi kalau mau makan bakso di Arab ternyata juga bisa lho. Berlokasi di Jeddah, ada kedai bakso sederhana yang tak pernah sepi pembeli.

Bakso Goyang Lidah ini bukan bakso biasa, rasanya gurih lezat. Hal ini bisa dilihat dari jumlah pengunjung yang datang setiap harinya. Kedai ini tak pernah sepi pembeli, kebanyakan pembelinya kaum hawa yang datang mengenakan pakaian syari lengkap.

Jualan Bakso di Arab, Kedai Ini Setiap Hari Diserbu Wanita BercadarJualan Bakso di Arab, Kedai Ini Setiap Hari Diserbu Wanita Bercadar Foto: youtube Alman Mulyana

Suasana kedai bakso ini ditampilkan lewat channel youtube Alman Mulyana. Pria asli sunda ini memang tinggal dan bekerja di Arab jadi tak heran kalau ia sering menjelajah kuliner Indonesia di Arab, sekedar untuk mengobati rasa rindu.

Begitu tiba di kedai bakso ini, tampak beberapa wanita sedang asyik duduk sambil makan bakso di depan kedai ini. Beberapa orang ternyata asli Indonesia namun tak sedikit juga penduduk asli Arab yang menikmati bakso.

Kang Aceng, pria yang meracik bakso ini pun mengakui kalau kedai baksonya memang selalu ramai. Seporsi bakso sengaja dibuat mirip dengan bakso yang ada di Indonesia.

Isiannya ada mie kuning, bihun, daun seledri, bawang goreng dan tentu saja bakso serta guyuran kuah kaldunya yang hangat gurih. Setiap mangkuk berisi 5 butir bakso ukuran sedang.

"Seporsi 15 Riyal, kalau di rupiah jadi sekitar Rp 50 ribuan ya kira-kira," kata Aceng sambil melayani bakso pesanan pembeli.
Video yang diunggah dua bulan lalu ini dibuat saat pandemi corona sudah melanda.

Tak heran kalau pembeli bakso di sini ikut menerapkan protokol kesehatan mulai dari menjaga jarak dan mengenakan masker.

Kepada detikcom (20/2) Alman mengatakan memang senang berbagi pengalaman dan aktivitasnya selama di Arab. Ia juga sering mendokumentasikan kegiatannya sebagai gambaran suasana di Arab.

"Jadi buat yang belum tau kan, di Arab juga ada makanan Indonesia. Di sini juga WNI pada solid dan berasa kekeluargaan," ujar Alman.

Bakso hangat di Arab ini ternyata juga menggoda netizen yang ada di Indonesia. Banyak yang ikut ngiler menyaksikan video ini.

"Duh nontonnya malem-malem, bikin pengen makan bakso. Tapi di Depok sini udah pada tutup karena corona," kata netizen.

"Rasanya gimana ya bakso di Arab? Apa sama dengan di Indonesia?" tanya netizen.

"Makan bakso dikasih saos, itu di depannya ada bala-bala. Pulangnya bawa oleh-oleh klepon sama pastel. Serasa di Indonesia," pungkas netizen lain.



Simak Video "Bakso Kameumeut yang Berlimpah Tetelan Sapi"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com