Berbekal Resep dari YouTube, Bocah 9 Tahun Jualan Crepes Demi Keluarga

Riska Fitria - detikFood Minggu, 21 Feb 2021 17:00 WIB
Berbekal Resep dari YouTube, Bocah 9 Tahun Jualan Crepes Demi Keluarga Foto: Khaosod Online
Jakarta -

Demi membantu penghasilan keluarga di tengah pandemi, bocah 9 tahun ini berjualan crepes di pasar. Ia mendapatkan resepnya dari belajar lewat video YouTube.

Kisah mengharukan dan inspiratif datang dari bocah laki-laki 9 tahun yang ada di Thailand. Bocah tersebut bernama Nong Weir yang masih duduk kelas 3 Sekolah Dasar (SD).

Setiap hari libur, ia berjualan crepes di Pasar Yen Daeng, Provinsi Nakhon Ratchasima, Thailand. Nong sudah memiliki langganan tetap yang selalu menunggu racikan crepesnya.

Baca Juga : Viral Kisah Bocah di Lampung yang Jadi Penjual Nasi Goreng

Berbekal Resep dari YouTube, Bocah 9 Tahun Jualan Crepes Demi KeluargaBerbekal Resep dari YouTube, Bocah 9 Tahun Jualan Crepes Demi Keluarga Foto: Khaosod Online

Dilansir dari World of Buzz (19/02) kakak ipar Nong, Sattaya Kham mengatakan bahwa Nong selalu berjualan setiap hari Sabtu, Minggu dan hari libur sekolah. Awalnya Nong hanya membantu dirinya berjualan ketan bakar di pasar.

Namun belakangan ini, Nong berkeinginan untuk membuka warung sendiri. Mengingat pandemi COVID-19 membuat ekonomi keluarganya menjadi terhambat. Ia pun berniat membantu dengan berjualan crepes.

Menariknya lagi, Nong belajar membuat crepes secara otodidak. Ia mempelajari tentang resep dan cara membuat crepes dengan menonton video di YouTube.

Bukan hanya itu, Nong juga memanfaatkan berbagai situs resep untuk membuat racikannya jadi enak. Kemudian, dia meminta orangtuanya untuk membelikan kompor listrik.

Berbekal Resep dari YouTube, Bocah 9 Tahun Jualan Crepes Demi KeluargaBerbekal Resep dari YouTube, Bocah 9 Tahun Jualan Crepes Demi Keluarga Foto: Khaosod Online

Sebelum memberanikan diri berjualan, ia telah melakukan eksperimen membuat crepes dengan berbagai varian. Ada yang manis dan ada pula yang asin. Setelah dirasa enak, baru ia percaya diri untuk berjualan.

Crepes buatan Nong ini dibanderol dengan harga terjangkau, yakni 10 Baht atau setara dengan Rp 4.700. Kelezatan crepesnya sukses membuat pelanggan datang kembali bahkan sampai ada yang memborong.

Sebelumnya banyak juga kisah bocah-bocah inspiratif yang rela berjualan makanan demi membantu keluarga. Seperti yang diceritakan lewat akun Instagram @official.manusiasuper.

Dalam unggahanya menceritakan kisah Lintang, bocah 10 tahun yang membantu ibunya dengan berjualan jajanan pasar. Ia bahkan berkeliling sekitar Jakarta Utara untuk mendapatkan pelanggan.

Baca Juga : Inspiratif! Begini Perjuangan 5 Bocah Jualan Makanan Demi Bantu Orang Tua



Simak Video "Bikin Laper: Bandeng Goreng Telur dengan Sambal Tempong"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com