Hari Soto Nasional, Ini 5 Fakta Soto Nusantara yang Terdiri dari 75 Jenis

Riska Fitria - detikFood Sabtu, 20 Feb 2021 12:30 WIB
Hari Soto Nasional, Ini 5 Fakta Soto Nusantara yang Terdiri dari 75 Jenis Foto: iStock

3. Racikan Soto Pertama di Indonesia

Hari Soto Nasional, Ini 5 Fakta Soto Nusantara yang Terdiri dari 75 JenisHari Soto Nasional, Ini 5 Fakta Soto Nusantara yang Terdiri dari 75 Jenis Foto: iStock

Soto dari China yang awalnya menggunakan daging babi, kemudian diganti oleh masyarakat Indonesia dengan daging ayam, sapi, atau kerbau. Mengingat masyarakat Indonesia kebanyakan memeluk agama Islam.

"Karena dari China, dulu itu isiannya daging babi. Tapi kan disesuaikan dengan orang Indonesia jadi daging sapi," ujar Henry saat dihubungi via telepon.

Lebih lanjut, Henry menuturkan bahwa dasar soto Nusantara adalah yang berasal dari Semarang. Soto Semarangan dikenal dengan kuahnya yang bening. Kemudian berafiliasi, sehingga bumbunya lebih berwarna.

"Kalau dasarnya itu kan soto Semarangan. Kuahnya bening terus berafiliasi karena kan ada pengaruh bumbu lokal, misalnya penggunaan kunyit sebagai warna khas soto," tutur Henry.

4. Ada 75 Jenis Soto Nusantara

Hari Soto Nasional, Ini 5 Fakta Soto Nusantara yang Terdiri dari 75 JenisHari Soto Nasional, Ini 5 Fakta Soto Nusantara yang Terdiri dari 75 Jenis Foto: iStock

Dari Semarang kemudian soto dikenal oleh daerah-daerah lain di Indonesia. Tentunya soto juga banyak diadaptasi oleh setiap daerah, sehingga memiliki ciri khas tersendiri.

Henry menyebut bahwa ada sekitar 75 jenis soto di Indonesia. Hal itu juga dibenarkan oleh penelitian yang dilakukan oleh pakar kuliner tradisional Murdijati Gardjito dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Dalam penelitian yang berjudul Profil Soto Indonesia: Fakta Pendukung Soto dalam Representasi Kuliner Indonesia mengungkap setidaknya ada 75 jenis soto yang ada di 22 daerah Nusantara.

Selain itu ada 48 jenis bumbu yang digunakan untuk memasak kuliner soto tersebut. Seperti yang dituliskan oleh Henry di Twitternya. Di Sumatera ada Soto Aceh, Soto Medan, Soto Padang, Soto Tenggiri dan lainnya.

Di Jakarta ada Soto Betawi dan Soto Tangkar. Sementara di Sunda ada Soto Bandung, Soto Banten, Soto Mie, Soto Kuning. Lalu di Jawa Tengah ada Soto Pekalongan, Soto Kudung, Soto Kediri, Soto Kuali.

Di Jawa Timur ada Soto Madura, Soto Lamongan, Soto Ambengan, Soto Banyuwangi dan masih banyak lagi. Di Kalimantan populer Soto Banjar dan Soto Mahakam. Di Sulawesi dan Maluku ada Soto Minahasa dan Soto Kenali Maluku.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Kepiting Asap Berselimut Daun Pisang yang Bikin Ngiler"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com