Bakso Kekinian

5 Tempat Jajan Bakso dengan Limpahan Tetelan yang Nampol

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 20 Feb 2021 17:00 WIB
5 Tempat Jajan Bakso dengan Limpahan Tetelan yang Nampol Foto: detikfood
FOKUS BERITA Bakso Kekinian
Jakarta -

Bakso makin nikmat dengan pelengkap tetelan sapi. Kalau kamu pencinta bakso tetelan, lima tempat ini layak disambangi!

Seporsi bakso disajikan dengan banyak pelengkap seperti mie kuning, bihun, sayuran, hingga taburan bawang goreng. Lalu ada juga pelengkap yang umum ditambahkan, tetelan sapi.

Tetelan memberi rasa gurih pada kaldu bakso. Selain itu, tetelan menghadirkan tekstur kenyal juicy saat bakso disantap. Biasanya penjual bakso akan menambahkan sedikit tetelan ke dalam semangkuk bakso racikannya.

Namun ada juga penjual bakso yang memilih memberi limpahan tetelan. Hal ini tentu saja menggugah selera para pencinta bakso. Ada beberapa racikan bakso tetelan yang terkenal enak di Jakarta.

Salah satunya Bakso Adam di kawasan Glodok, Jakarta Barat. Tetelan di sini bahkan dimasak terpisah oleh penjual sehingga lebih empuk dan tidak amis.

Lalu ada juga Bakso Kameumeut yang belakangan ini viral karena menawarkan tetelan dan ragam organ sapi lain sebagai pelengkap bakso.

Kalau kamu pencinta bakso tetelan, berikut detikfood merekomendasikan 5 bakso dengan limpahan tetelan yang enak:

1. Bakso Nikki

5 Tempat Jajan Bakso dengan Limpahan Tetelan yang Nampol5 Tempat Jajan Bakso dengan Limpahan Tetelan yang Nampol Foto: Instagram linda.wiliam

Terkenal di kalangan pencinta bakso, Bakso Nikki bisa jadi pilihan untuk kamu yang mau menikmati bakso plus limpahan tetelan. Lokasinya ada di Jalan KH Abdullah Syafei No. 11, Tebet.

Rumah makannya sederhana, namun tak pernah sepi pembeli. Harga seporsi bakso di sini mulai dari Rp 15 ribu saja. Menu andalannya adalah bakso urat, namun kamu juga bisa cicip bakso halus, bakso telur puyuh, dan bakso tenis.

Ada juga bakso keju dan bakso goreng sebagai pilihan. Untuk tetelannya berupa kikil dan beberapa potongan daging yang kenyal juicy. Bakso Nikki juga makin enak dinikmati dengan sambal hijaunya yang khas.

2. Bakso Mas Min

5 Tempat Jajan Bakso dengan Limpahan Tetelan yang Nampol5 Tempat Jajan Bakso dengan Limpahan Tetelan yang Nampol Foto: detikfood

Di Jakarta Timur ada kedai bakso terkenal bernama Bakso Mas Min. Lokasi tepatnya di Jalan Sentra Primer No. 53, Cakung. Sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu, banyak orang menyukai racikan bakso di sini.

Menunya ada bakso halus, bakso urat, bakso telur, dan bakso spesial. Namun yang jadi primadona adalah pelengkap tetelan yang melimpah. Sensasi menyantap tetelan yang kenyal gurih ini bikin banyak orang ketagihan.

Untuk pilihan baksonya, kamu bisa mencicipi bakso urat yang spesial. Ukurannya sebesar bola ping pong dengan tekstur urat yang lembut dan kenyal. Harga bakso di sini sekitar Rp 20 ribu per porsi.

Baca Juga: Bakso Mas Min: Kenyal Gurih Bakso Urat Kuah Pakai Tetelan Sapi

3. Bakso Adam

5 Tempat Jajan Bakso dengan Limpahan Tetelan yang Nampol5 Tempat Jajan Bakso dengan Limpahan Tetelan yang Nampol Foto: detikfood

Bakso kaki lima di Glodok, Jakarta Barat ini sempat sangat viral. Namanya Bakso Adam yang bisa menuai antrean panjang setiap harinya. Bakso Adam menawarkan racikan bakso tanpa mie kuning, tauge, ataupun sawi seperti di kedai bakso kebanyakan.

Untuk baksonya tersedia pilihan bakso polos, urat, dan gepeng. Lalu Bakso Adam disajikan dengan tetelan yang dipotong dadu dan dimasak terpisah dengan bakso.

Tetelan ini sudah dimasak terpisah oleh pemilik Bakso Adam. Rasanya jadi lebih berbumbu dan tidak amis sama sekali. Tetelannya terdiri dari potongan daging, kikil, dan sandung lamur. Harga bakso di sini sekitar Rp 25 ribu per porsi.

4. Bakso Mas Kumis

5 Tempat Jajan Bakso dengan Limpahan Tetelan yang Nampol5 Tempat Jajan Bakso dengan Limpahan Tetelan yang Nampol Foto: Instagram baksomaskumisdjarum

Rekomendasi bakso tetelan selanjutnya adalah Bakso Mas Kumis yang terkenal di Jakarta Barat. Kamu bisa menyambangi gerainya di Jalan K. S. Tubun Raya No. 2B, Slipi. Seporsi bakso di sini harganya Rp 30 ribu.

Untuk pilihan baksonya hanya berupa bakso kecil yang halus. Lalu diberi tambahan bihun yang melimpah. Kuahnya yang gurih bikin banyak orang jatuh cinta. Tentu saja dnegan pelengkap potongan daging dan tetelan.

5. Bakso Kameumeut

5 Tempat Jajan Bakso dengan Limpahan Tetelan yang Nampol5 Tempat Jajan Bakso dengan Limpahan Tetelan yang Nampol Foto: detikfood

Menyebut bakso tetelan tak bisa meninggalkan Bakso Kameumeut yang belakangan ini hits. Lokasinya ada di Setu, Bekasi. Makan bakso di sini, kamu bakal puas menyantap tetelan dan berbagai belasan bagian organ sapi.

Untuk pilihan baksonya juga beragam seperti bakso urat, bakso telur, bakso jamur, hingga bakso nano-nano. Lalu untuk pilihan tetelannya ada bagian iga sapi, tulang kaki, kuping sapi, ekor, babat, hingga cingur alias hidung sapi.

Dalam sehari, pemilik Bakso Kameumeut bisa menghabiskan 250 kg daging sapi. Harga baksonya sendiri mulai dari Rp 25 ribuan per porsi.

Baca Juga: Bakso Kameumeut : Segarnya Bakso Isian Kuping dan Cingur Sapi

(adr/odi)
FOKUS BERITA Bakso Kekinian

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com