Bill Gates Anjurkan Masyarakat Mulai Konsumsi Daging Sintetis

Devi Setya - detikFood Jumat, 19 Feb 2021 17:30 WIB
daging imitasi bahan nabati Foto: iStock
Jakarta -

Baru-baru ini Bill Gates memberikan persepsi soal makanan di masa depan. Ia menganjurkan orang-orang di negara maju harus mengonsumsi daging sapi sintetis.


Dikabarkan Fox News (19/2) Bill Gates menyampaikan pendapatnya yang dianggap 'berani'. Orang terkaya ke-2 di dunia ini mengatakan masyarakat yang tinggal di negara maju harus mulai meninggalkan daging sapi untuk menjaga perubahan iklim global.

Dalam wawancara yang dilakukan dengan MIT Technology Review, Bill Gates menyarankan masyarakat untuk mulai beralih ke daging sapi sintetis. Saat ini memang telah banyak penelitian yang mengembangkan alternatif daging sapi sintetis yang terbuat dari bahan nabati.

FILE - In this Feb. 1, 2019, file photo, Bill Gates smiles while being interviewed in Kirkland, Wash. Washington state's richest residents, including Gates and Jeff Bezos, would pay a wealth tax on certain financial assets worth more than $1 billion under a proposed bill whose sponsor says she is seeking a fair and equitable tax code. Under the bill, starting Jan. 1, 2022, for taxes due in 2023, a 1% tax would be levied not on income, but on Bill Gates Anjurkan Masyarakat Mulai Konsumsi Daging Sintetis Foto: iStock/Elaine Thompson

Pendiri Microsoft ini juga mengatakan masyarakat di negara maju haruslah mulai mengonsumsi makanan berbasis tumbuhan. Sementara masyarakat di negara miskin dianggap sulit untuk beralih ke makanan berbasis tumbuhan.

"Saya pikir semua negara kaya harus beralih ke 100% daging sapi sintetis. Anda bisa terbiasa dengan perbedaan rasa, dan kedepannya daging sintetis ini akan terasa lebih enak dari waktu ke waktu," kata salah satu pendiri Microsoft kepada MIT Tech Review.

Dalam buku barunya yang berjudul "How to Avoid a Climate Disaster", Bill Gates membahas soal pertanian serta merinci langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menekan emisi gas efek rumah kaca.

Pria yang dikenal juga sebagai dermawan ini menjelaskan, berbagai inovasi teknologi telah menyebabkan bumi semakin panas. Termasuk juga dengan karbon yang di hasilkan oleh peternakan sapi.

daging imitasi bahan nabatiBill Gates Anjurkan Masyarakat Mulai Konsumsi Daging Sintetis Foto: Impossible Foods/Beyond Meat

Bill Gates mencatat bahwa hampir tidak mungkin untuk menghilangkan emisi dari sapi. Seperti diketahui, kotoran sapi menghasilkan gas metana yang turut menyumbang pengaruh negatif pada perubahan iklim. Dengan ini Gates menegaskan, satu-satunya solusi adalah dengan mengonsumsi daging sapi sintetis.

Sayangnya, saat ini pasokan daging sintetis nabati baru menyumbang kurang dari 1 persen pasar daging. Selain itu, dalam wawancara terpisah dengan The New York Times yang diterbitkan belum lama ini, Gates ditanya apakah dia sendiri masih makan burger biasa. Gates mengakui, "Saya kadang-kadang masih makan (daging) yang asli."



Simak Video "Nyammm! Spaghetti Meatballs ala Chef Vania Wibisono "
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com