5 Makanan Enak Ini Jadi Simbol Berkabung di Berbagai Negara

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 19 Feb 2021 18:00 WIB
5 Makanan Enak Ini Jadi Simbol Berkabung di Berbagai Negara Foto: Atlas Obscura/SiteNews


3. Borsok

5 Makanan Enak Ini Jadi Simbol Berkabung di Berbagai Negara5 Makanan Enak Ini Jadi Simbol Berkabung di Berbagai Negara Foto: Atlas Obscura/SiteNews

Di wilayah Kyrgyzstan, masyarakat di sana menghormati kepergian orang terkasih dengan menggoreng roti. Hidangan yang satu ini dikenal dengan nama borsok. Dibuat dari adonan roti seperti tepung terigu, air, garam, gula, ragi dan sedikit margarin.

Meski bahan-bahannya sederhana, tapi borsok sendiri lebih sering digunakan sebagai simbol tradisi. Di Kyrgyzstan, borsok dibuat khusus untuk orang-orang yang sudah meninggal

Bahkan ada tradisi 'jyt chygaruu' (mengeluarkan aroma) di Kyrgyzstan. Di mana orang-orang percaya bahwa aroma harum dari roti goreng ini akan sampai ke orang-orang yang sudah meninggal.

4. Halva

5 Makanan Enak Ini Jadi Simbol Berkabung di Berbagai Negara5 Makanan Enak Ini Jadi Simbol Berkabung di Berbagai Negara Foto: Atlas Obscura/SiteNews

Kue halva terkenal di wilayah Timur Tengah, Asia Tengah dan India. Bentuknya sekilas mirip seperti brownies cokelat. Tapi di wilayah Iran, Turki dan Armenia, kue ini justru memiliki kaitan yang erat dengan simbol berkabung.

Halva selalu ada di setiap acara pemakaman di sana. Bahkan halva disantap sebagai makanan untuk mengenang, mendiang yang baru saja tiada.

Untuk bahan-bahan pembuatannya sendiri cukup sederhana. Ada tepung terigu, margarin, gula, dan air. Banyak orang yang setuju bahwa kue halva membuat orang yang berduka lebih merasa tenang.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Jemunak, Makanan Khas Magelang yang Hanya Ada Tiap Ramadhan"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com