Keren! Pria Ini Sulap Tanah Tandus Jadi Kebun 10 Ribu Pohon Buah

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 19 Feb 2021 10:00 WIB
Keren! Pria Ini Sulap Tanah Tandus Jadi Kebun 10 Ribu Pohon Buah Foto: ANI
Jakarta -

Kisah menginspirasi datang dari seorang pria India. Dalam 15 tahun, ia berhasil garap tanah tandus menjadi kebun buah berisi 10 ribu pohon! Seperti ini kisahnya.

Dikutip dari Oddity Central (17/2), pria India tersebut bernama Satyendra Gautam Manjhi. Ia berasal dari desa kecil di Imaliyachak, Bihar.

Kisahnya menanam pohon buah di tanah tandus bermula dari anjuran Dashrath Manjhi yang terkenal sebagai "orang yang memindahkan gunung". Selama 20 tahun Dashrath dengan gigih memahat gunung untuk membuat jalan ke desanya.

Kisah Dashrath ini sangat menginspirasi satu generasi di India, termasuk Satyendra. Ia mengatakan Dashrath sendiri yang menyuruhnya untuk mulai menciptakan kebun buah. Satyendra pun menyanggupinya.

Keren! Pria Ini Sulap Tanah Tandus Jadi Kebun 10 Ribu Pohon BuahKeren! Pria Ini Sulap Tanah Tandus Jadi Kebun 10 Ribu Pohon Buah Foto: ANI

"Dashrath Manji menyuruh saya menanam kebun buah di daerah ini. Tadinya tempat ini tandus dan sepi. Hanya ada pasir dimana-mana. Awalnya banyak masalah. Air harus dibawa dalam pot dari rumah untuk tanaman," ujarnya.

Satyendra juga mengatakan hewan liar terus-menerus menghancurkan pohon buah yang ia tanam, namun ia tidak menyerah. Satyendra pergi ke hutan dengan membawa semak berduri yang ia pakai untuk membuat pagar tanaman supaya hewan-hewan itu tidak masuk.

Usahanya membuahkan hasil manis, terbukti pagar tanaman itu masih melindungi kebun buahnya setelah 15 tahun. Kebun buah Satyendra kini nampak rimbun.

Jumlahnya mencapai lebih dari 10 ribu pohon. Sebagian besar terdiri dari pohon jambu biji varietas Allahabad.

Baca Juga: Menteng hingga Duren Sawit, Kawasan di Jakarta Ini Dulunya Kebun Buah

Tanah tandus tempatnya menanam buah pun mulai menjadi oasis hijau. Dengan cepat kabar prestasi Satyendra ini menyebar ke seluruh Bihar.

Pemerintah daerah sana bahkan memberi penawaran istimewa. Satyendra dipertimbangkan untuk menduduki jabatan di komisi negara.

Keren! Pria Ini Sulap Tanah Tandus Jadi Kebun 10 Ribu Pohon BuahKeren! Pria Ini Sulap Tanah Tandus Jadi Kebun 10 Ribu Pohon Buah Foto: ANI

"Ketika Kepala Menteri Bihar Nitish Kumar mengetahui tentang kontribusi saya terhadap perlindungan lingkungan, saya diangkat menjadi anggota Komisi Perlindungan Anak," kata Satyendra pada Kantor Berita ANI.

Kebun Satyendra kini juga memberikan keuntungan materi bagi dirinya. Ia mulai menjual jambu biji hasil panen dari kebun buahnya.

Mimpi Satyendra adalah menjadi inspirasi bagi banyak orang, seperti Dashrath Manji untuk dirinya. "Saya menghimbau masyarakat negeri ini untuk mulai menanam pohon," katanya.

Sebelum Satyendra, kisah pria menggarap tanah tandus menjadi kebun buah juga dilakukan Eldo Pachilakkadan di Thiruvananthapuram, India. Cerita berawal karena dirinya adalah seorang fruitarian. Eldo hanya menyantap buah dan 90% menunya terbuat dari buah segar.

Kebun BuahKisah Eldo Pachilakkadan yang Menggarap Kebun Buah Foto: Istimewa

Eldo lantas berhasil mengubah 4 hektar lahan tandus menjadi kebun buah yang rimbun. Usahanya dimulai pada tahun 2009. Saat itu ia membeli tanah kosong di Swargam Medu bersama temannya.

Butuh waktu lama untuk menyulap tanah tandus itu menjadi kebun buah yang produktif. Tapi kini ia berhasil melakukannya. Ada pohon mangga, apel, blackberry, dan lainnya di kebun buah milik Eldo.

Baca Juga: Keren! Hanya Makan Buah, Pria Ini Garap Lahan Tandus Jadi Kebun Buah

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
DRooftalk
×
Lebaran Dilarang Mudik
Lebaran Dilarang Mudik Selengkapnya