Keren! Hanya Makan Buah, Pria Ini Garap Lahan Tandus Jadi Kebun Buah

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 03 Mar 2020 18:00 WIB
Kebun Buah Foto: Istimewa
Jakarta -

Punya pola makan serba buah, pria ini memutuskan untuk mengubah empat hektar lahan tandus menjadi kebun buah yang rimbun.

Eldo Pachilakkadan merupakan mantan arsitek yang berasal dari Thiruvananthapuram di India. Sejak sepuluh tahun yang lalu Eldho sudah menjadi 'fruitarian'. Ia hanya menyantap buah dan hampir 90% menu makanannya terbuat dari buah segar.

Baca Juga: Asyik! Di Kebun Ini Bisa Bersantai Sambil Cicipi Beragam Durian Lezat

Keren! Hanya Makan Buah, Pria Ini Garap Lahan Tandus Jadi Kebun BuahFoto: Istimewa


Dilansir dari Storypick (03/03), Eldho juga mengajak istri dan anaknya untuk menjadi fruitarian. Ia percaya bahwa semua makanan yang dimasak bukanlah makanan asli. Rasa cintanya pada buah-buahan akhirnya membuatnya mengubah empat hektar lahan tandus menjadi kebun buah.

Misi Eldho ini dimulai pada tahun 2009 lalu ketika ia membeli tanah kosong di Swargam Medu bersama temannya. Butuh waktu yang cukup lama untuk mengubah lahan kosong tersebut menjadi kebun buah yang dia inginkan.

"Ketika Anda mengamati alam dengan cermat, Anda bisa melihat sebuah pola. Saya mulai sadar betapa pentingnya makanan. Kemudian makanan apa yang dimakan setiap mahkluk dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi rantai makanan dan lingkungan di sekitar," jelas Eldho.

Keren! Hanya Makan Buah, Pria Ini Garap Lahan Tandus Jadi Kebun BuahFoto: Istimewa


Kini Eldho berhasil menciptakan hutan buah yang subur sesuai impiannya. Ia menanam banyak pohon buah seperti mangga, blackberry, apel, dan lainnya. Selain itu di dalamnya terdapat juga tumbuhan bunga dan rumput.

"Alam ini dibuat untuk menjaga agar kita tetap sehat. Alam punya makanan, racun, penyakit, dan obat untuk semuanya. Penyimpangan lah yang membuat kita semua menjadi tidak sehat," lanjut Eldho.

Eldho yang dulu memiliki bobot mencapai 90 kg dan memiliki riwayat diabetes kini berubah menjadi orang yang lebih sehat. Berat badannya kini hanya 63 kg dengan kondisi tubuh yang sehat dan bugar

Keren! Hanya Makan Buah, Pria Ini Garap Lahan Tandus Jadi Kebun BuahFoto: Istimewa


Bahkan Eldho dan tim nya kini tengah mengembangkan sistem perkebunan yang berkelanjutan atau ramah lingkungan. Hingga saat ini perkebunan ramah lingkungan ini masih dalam tahap rancangan, dan nantinya akan ia bangun di sekitar rumahnya yang ada di wilayah Ernakulam dan Kottayam.

"Tujuannya untuk menciptakan ekosistem mandiri yang dapat memasok persediaan makanan untuk keluarga selama setahun. Tanpa perlu setiap hari berkebun," pungkas Eldho.

Aksi Eldho menyulap lahan tandus untuk membuat hutan buah mendapatkan banyak pujian dari orang-orang. Karena selain mendorong orang untuk beralih ke pola makan sehat, Eldho juga menyelamatkan lingkungan.

Baca juga: YouTuber Ini Pamerkan Keseruan Panen Apel, Pir hingga Peach Liar



Simak Video "Es Timun Suri Cincau, Segar dan Manis untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)