Cheetos, Doritos dan Lays, Camilan Amerika yang Punya Sejarah Unik

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 18 Feb 2021 16:30 WIB
Cheetos, Doritos dan Lays, Camilan Amerika yang Punya Sejarah Unik Foto: Site News


3. Cheetos

Cheetos, Doritos dan Lays, Camilan Amerika yang Punya Sejarah UnikCheetos, Doritos dan Lays, Camilan Amerika yang Punya Sejarah Unik Foto: Site News

Cheetos merupakan cemilan stik keju yang pertama kali diciptakan tahun 1948. Cheetos pertama kali dibuat oleh Charles Elmer Doolin, yang saat itu tengah membuat snack terbaru untuk perusahaan makanan Frito Company di Dallas Texas.

Setelah ditemukan formulanya, stik keju ini mulai dipasarkan di Amerika. Bahkan dalam hitungan tahun, Cheetos mulai dikenal sebagai brand camilan yang mendunia.

Kemudian di pertengahan tahun 80an, Cheetos memperkenalkan maskot terbaru mereka. Yaitu Chester the Cheetah, hewan Citah ikonik yang sampai sekarang jadi maskot andalan Cheetos.

Lebih dari 73 tahun setelah Cheetos ditemukan. Sampai sekarang sudah ada 21 varian rasa Cheetos yang dipasarkan di Amerika Utara dan berbagai negara.


4. Doritos

Cheetos, Doritos dan Lays, Camilan Amerika yang Punya Sejarah UnikCheetos, Doritos dan Lays, Camilan Amerika yang Punya Sejarah Unik Foto: Site News

Tak lama setelah Cheetos ditemukan. Tepatnya di tahun 1955, muncul camilan ikonik yang tak kalah populer di Amerika. Camilan keripik jagung yang dikenal dengan nama Doritos ini ternyata berawal dari ekspreimen.

Pada tahun 1955, seorang sales dari perusahaan makanan Alex Foods menyadari, bahwa banyak snack tortila dari Casa de Fritos yang dibuang begitu saja karena kesalahan produksi.

Akhirnya ia mulai menggoreng sisa tortila tersebut dan dijadikannya cemilan. Tak lama dari sana, Archibald Clark West, marketing dari perusahaan snack Frito-Lay tak sengaja mencicipi keripik jagung ini.

Akhirnya Alex Foods dikontrak untuk membuat Doritos yang pertama kali diluncurkan di tahun 1964. Kemudian di tahun 1966, Doritos meluncurkan snack rasa bubuk keju yang populer dan mendunia hingga sekarang.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Lays hingga Cheetos akan Setop Produksi di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]

(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com